Pipa Gas Bumi PGN di Nagoya, Lubuk Baja, dan Jodoh.

PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) merampungkan jaringan pipa gas bumi PGN di Nagoya, Batam. Direktur PGN, Dilo Seno Widagdo menjabarkan, pipa gas yang berada di wilayah ini, panjangnya 18,3 kilometer. Pipa gas ini akan menyalurkan gas bumi PGN ke berbagai daerah, seperti: Nagoya, Lubuk Baja, dan Jodoh yang bertujuan untuk memasok gas ke berbagai sektor. Sektor yang dimaksud antara lain hotel, restoran, rumah tangga dan juga industri.

Sebelumnya, telah terpasang jaringan gas bumi PGN sepanjang 123 kilometer. Dengan adanya tambahan pipa gas 18,3 kilometer ini, total pipa gas yang berada di Batam menjadi 141,3 kilometer. PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) telah menyebarkan energi baik ke seluruh penjuru daerah, baik di pulau Jawa maupun luar Jawa. Kota-kota yang telah terjamah gas bumi PGN antara lain: Jakarta, Bandung, Semarang, Lampung, Riau, Batam hingga Papua. Jumlah total pipa gas yang telah tersebar di Indonesia sebanyak lebih dari 7.000 km atau setara dengan 76% gas bumi.

"Saat ini PGN sudah memasok gas bumi sebanyak 750 rumah tangga di Batam, PGN juga menyalurkan gas bumi ke delapan pembangkit listrik, 29 industri besar, 37 usaha komersil dan UKM," ungkap Dilo. Sampai saat ini PGN telah menyalurkan energi baik gas bumi ke lebih dari 116.400 pelanggan rumah tangga. Selain itu , 1.879 usaha kecil, mal, hotel, rumah sakit, restoran, hingga rumah makan, serta 1.576 industri berskala besar dan pembangkit listrik.

PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) juga mendapat kepercayaan dari menteri ESDM untuk menyambung pipa gas bumi rumah tangga. Pipa gas yang disambung terdiri dari 500 rumah dan 4.000 sambungan gas rumah tangga. Program tersebut bernama PGN Sayang Ibu. Selain di Batam, PGN juga membangun jaringan rumah tangga di Surabaya sebanyak 24 ribu sambungan, dan sebnaykan 21.000 sambungan rumah tangga di Tarakan.

Program PGN Sayang Ibu adalah program pemasangan satu juta sambungan gas rumah tangga di seluruh Indonesia. Tujuan program tersebut untuk mempercepat penyaluran gas bumi ke rumah tangga sehingga memperkuat ketahanan energi nasional. Gas bumi sangat tepat untuk rumah tangga Indonesia karena murah dan ramah lingkungan. Program tersebut dapat berjalan dengan baik dengan PT Perusahaan Gas Negara, Tbk (PGN) sebagai pelopornya, diresmikan oleh Dahlan Iskan selaku Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN).


Link referensi:
http://bisnis.liputan6.com/read/2535711/pgn-operasikan-proyek-gas-di-nagoya-batam

Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs Si-Nergi 

Comments

Popular posts from this blog

PGN Terus Sebarkan Energi Baik Gas Bumi ke Penjuru Tanah Air

5 Objek Wisata Tercantik di Raja Ampat

Wisata alam Dieng