Kendala Pemanfaatan Gas Bumi

Menurut data Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas (SKK Migas). Ekspor gas alam cair masih tinggi yakni sekitar 1,989 BBTUD atau sebanding dengan 29,10% sementara serapan LNG di Indoensia hanya 403,79 BBTUD atau setara dengan 5,91% sehingga terjadi ketimpangan antara permintaan dan penawaran. Sektor listrik dari alokasi gas sebesar 1.273,23 BBUTD yang terserap hanya 939.11 BBUTD. Sektor industri dengan alokasi 1.560,91 BBUTD yang dipakai hanya 1.263,17 BBUTD. 

Sesungguhnya potensi gas bumi di Indonesia begitu besar. Potensi gas yang Indonesia miliki seharusnya dieksploitasi sehingga dapat memenuhi kebutuhan dalam negeri bahkan untuk ekspor ke luar negeri. Tetapi begitu banyak kendala sehingga manfaat gas bumi tidak dapat dirasakan secara nyata dan maksimal. Beberapa kendala yang terjadi di Indonesia adalah:

1.  Kurangnya teknologi yang memadai.
Cadangan gas bumi banyak berada di wilayah timur Indonesia (Blok Masela di Laut Arafura, Blok Muara Bakau dan Selat Makassar). Kegiatan eksplorasi di daerah ini lebih sukar sehingga membutuhkan teknologi yang lebih canggih. 

2.  Kurangnya infrastruktur LNG di Indonesia.
Karena bentuknya yang berupa gas, gas bumi dapat diolah setelah ada peminat. Apa peminatnya berada di lokasi yang jauh dari sumber gas, pengiriman tidak dapat dilakukan karena gas tidak dapat ditampung. Cara yang terbaik adalah dengan mengubah gas menjadi Liquefied Natural Gas (LNG) supaya lebih mudah untuk dikirim.

3.  Sumber gas yang tidak merata di wilayah Indonesia.
Beberapa daerah di Indonesia kekurangan gas bumi sedangkan di daerah lain, gas bumi berkelebihan. Penyebaran gas bumi di wilayah Indonesia tidak merata. Seharusnya ada infrastruktur yang memadai sehingga wilayah yang kelebihan gas bumi dapa mentransfer ke daerah yang kekurangan.

PT. Perusahaan Gas Negara (PGN) terus berusaha mengelola potensi gas bumi yang ada. Kiranya pemerintah mau terus membantu niat baik dari PGN tersebut. Potensi gas bumi sangat besar, semoga dapat dimanfaatkan sebaik mungkin sehingga dapat membantu mensejahteraan rakyat dan menghemat pengeluaran negara.


Link Referensi:

Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs Si-Nergi.


Comments

Popular posts from this blog

Wisata alam Dieng

PGN Terus Sebarkan Energi Baik Gas Bumi ke Penjuru Tanah Air

5 Objek Wisata Tercantik di Raja Ampat