5 Langkah Menjadi Pribadi yang Produktif

Sebagai pribadi yang telah dewasa dan mandiri kita semua pernah mengalami keadaan seperti ini: banyak tugas yang harus dikerjakan tetapi perhatian kita teralihkan, lalu kita menjadi merasa malas, tidak melakukan apa-apa, dan akhirnya tidak ada yang selesai dikerjakan. Anda sudah lelah membuang waktu? Jika ya, maka sudah saatnya Anda menjadi produktif!

Berikut beberapa langkah yang mudah dan sangat efektif meningkatkan produktifitas anda:


1. Buatlah daftar tugas yang harus dikerjakan.
Tuliskan apa saja yang harus Anda selesaikan hari ini atau minggu ini, atau buatlah daftar tugas yang masih harus Anda kerjakan. Membuat daftar tugas adalah salah satu pendukung produktifitas yang telah terbukti dan teruji, tetapi ia hanya akan berfungsi jika Anda menggunakannya dengan benar.

Saat membuat daftar tugas anda perlu merencanakannya secara dengan baik dan teratur. Anda harus membuat skala proiritas sehingga hal-hal yang penting telah terselesaikan lebih dahulu. Selain itu anda juga dapat mencantumkan waktu pengerjaan secara terperinci. Sehingga tahu kapan harus memulai suatu pekerjaan, berhenti dan beristirahat.

Sebagai penilaian atas kinerja, anda juga dapat menuliskan target yang harus dipenuhi. buatlah target yang menantang tetapi masuk akal, misalnya berapa banyak yang harus Anda tulis, baca, buat atau kerjakan dalam satu hari. Dari target tersebut anda juga dapat mempertimbangkan sistem reward and punishment. Jadi, janganlah berhenti mengerjakan tugas anda hingga anda mencapai target tersebut.

2.  Menjaga kesehatan jasmani dan rohani
Bekerja terus menerus sepanjang hari tidak membuat anda menjadi produktif. Kelelahan akan menurunkan tingkat efektivitas dalam bekerja, selain itu kelelahan juga dapat menyebabkan timbulnya penyakit yang malah akan menghambat kinerja anda. Oleh karena itu ada baiknya menjaga kesegaran tubuh kita.

Istirahat yang cukup dan berkualitas di malam hari menjadi kuncinya. Demi mendapat kualitas tidur yang baik, kamar anda seharusnya menjadi zona bebas barang elektronik. Anda akan lebih cepat tidur jika tak terganggu oleh notifikasi chatting atau email. Lagipula, cahaya layar dapat membingungkan ‘jam’ internal otak.  Jadi jauhkan gadget anda jika ingin tidur lebih cepat.

Olahraga di pagi hari terbukti sangat bermanfaat bagi keseharian kita. Selain menjaga agar tubuh tetap bugar, Aktivitas fisik dapat melepas hormone endorphin yang membuat tubuh dan pikiran lebih bahagia. Jika anda beolahraga selama 20 menit di pagi hari dan berkeringat, endorphin memberikan dorongan ekstra yang memberikan sikap yang benar dan kemampuan fisik untuk mengatasi tantangan hari itu.

Yang tidak kalah penting adalah beristirahat sejenak di sela-sela kegiatan anda. Hal ini terutama berlaku jika anda melakukan pekerjaan yang mengharuskan untuk melakukan banyak tugas-tugas kompleks, seperti menulis atau merancang strategi. Pekerjaan semacam ini sangat menguras mental. Menyempatkan beberapa menit untuk berjalan-jalan atau bersosialisasi akan memberikan pikiran anda kesempatan untuk beristirahat.

3. Selesaikan pekerjaan satu demi satu
Stop Multitasking! Ada anggapan umum yang salah bahwa mengerjakan beberapa hal sekaligus dapat membuat Anda lebih produktif. Kenyataannya adalah kita hanya dapat menyelesaikan satu tugas saja pada satu waktu, dan saat kita mencoba untuk menyelesaikan beberapa sekaligus, kita jadi berpindah-pindah antara satu tugas dengan yang lain. Ketika anda terus menerus beralih dari satu hal ke hal lain, tak ada satu pun yang akan mendapatkan perhatian penuh. Anda lebih mungkin untuk membuat kesalahan jika melakukan beberapa hal secara bersamaan. Alih-alih multitasking, lebih baik anda memusatkan perhatian pada satu hal hingga selesai sebelum memulai mengerjakan hal lain. Dengan cara ini anda akan dapat dengan mudah melacak hal-hal apa saja yang sudah anda lakukan dan apa yang belum.

4. Jagalah agar rumah dan tempat kerja Anda rapi.
Dapat menjadi frustrasi ketika anda membuang-buang waktu untuk mencari peralatan kantor atau dokumen yang berserakan di meja. Buatlah tempat kerja anda rapi, letakkan segala sesuatu pada tempatnya sehingga anda bisa mengambilnya dengan segera kapanpun anda inginkan.

Walaupun memang untuk membersikan seluruhnya membutuhkan usaha dan waktu, tetapi keadaan yang acak-acakan akan membuat adna kehilangan lebih banyak produktifitas daripada yang ingin anda simpan dengan tidak merapikannya. Jagalah agar meja, rumah atau tempat kerja anda selalu tertata rapi, tanpa adanya tumpukan dan hanya ada sedikit benda berserakan yang dapat mengalihkan perhatian anda.


5. Belajar berkata “Tidak”
Sadarlah, anda tak bisa berada di satu juta tempat sekaligus. Mengatakan ya untuk 2 jam obrolan panjang atau untuk pekerjaan tambahan ketika anda tidak dapat menangani beban kerja anda saat ini dapat menghancurkan produktivitas anda. Anda perlu mengatur batas-batas pekerjaan, yang berarti anda harus berkata “tidak” sesekali. Anggarkan waktu yang sesuai, bahkan jika itu berarti bahwa beberapa pekerjaan yang prioritasnya lebih rendah harus menunggu beberapa hari sebelum akhirnya tersentuh.

Beberapa langkah di atas mungkin tampak sangat sederhana, tapi sebenarnya sangat membantu anda untuk menjadi lebih baik Nah, sekarang saatnya menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari dan menjadi pribadi yang produktif.


Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs jadimandiri.org

Comments

Popular posts from this blog

Keadaan Lingkungan Saat Ini

Potensi Gas Alam

Kas dan Setara Kas