Peluang Bisnis Bagi Mahasiswa

Sebagai mahasiswa kita harus telah mempersiapkan diri untuk masuk ke jenjang kerja. Usia yang sudah cukup dewasa membuat kita harus bisa hidup mandiri, termasuk dalam hal keuangan. Nah, maka dari itu tidak ada salahnya mencoba melakukan pekerjaan sampingan. Di mancanegera part time-job merupakan hal yang lazim dilakukan para mahasiswanya. Dari sekedar menambah uang saku hingga untuk membiayai biaya kuliah.

Begitu banyak kerja sampingan yang bisa dilakukan oleh para mahasiswa. Berikut beberapa pilihan usaha sampingan dengan modal kecil.


1. Menjadi Tenaga Pengajar
Sebagai mahasiswa pasti memiliki kemampuan dalam bidang akademis, keunggulan inilah yang mesti anda manfaatkan. Banyak sekali bimbingan belajar bagi anak-anak sekolahan saat ini dan tenaga pengajar yang diperlukan biasanya dari para mahasiswa. Tidak hanya dari bimbingan belajar, anda juga dapat memberikan jasa les privat bagi anak kenalan atau tetangga. Penghasilannya juga cukup besar. Selain itu anda juga dapat mencoba menjadi asisten dosen di kampus.


2. Bisnis Online Shop
Seiring dengan perkembangan di dunia teknologi dan informasi, semua orang telah terhubung melalui internet. Berbagai informasi dapat disampaikan dengan mudah dengan menggunakan internet. Peluang ini yang dapat menjadi ladang untuk mencari tambahan bagi mahasiswa.

Bisnis online tidak memerlukan modal yang banyak. Anda dapat menjadi reseller dari sebuah toko yang membantu toko untuk memasarkan produk mereka melalui website. Harga yang diberikan untuk reseller biasanya lebih murah dari harga pasaran. Dari sinilah anda bisa mendapatkan keuntungan. Dari sebuah penjualan anda bisa meraup keuntungan 10% sampai 20%.

3. Jasa Tulis Artikel, Penerjemah, dan Pengetikan
Pastinya seorang mahasiswa memiliki pengetahuan yang cukup luang mengingat jenjeng pendidikan yang sudah dijalankan cukuplah tinggi. Maka seharusnya tidak akan terlalu sulit jika anda membuka usaha seperti jasa tulis artikel, penerjemah bahasa ataupun pengetikan makalah, skripsi dan lain sebagainya.


Konsumennya cukup tersedia banyak asalkan kita bisa mempromosikan usaha dengan maksimal. Paling banyak jasa seperti ini sekarang banyak di cari lewat dunia maya, maka seorang mahasiswa pun tentunya sudah tidak akan asing lagi dengan dunia ini, pasalnya media internet banyak di pakai kalangan ini untuk kegiatan seperti bersosialisasi di media sosial hingga mencari berbagai informasi yang di butuhkan.

4. Menjual Makanan dan Minuman
Bisnis ini memang memerlukan modal, namun tidak dalam jumlah yang besar. Menjalankan bisnis makanan ini memiliki peluang cukup besar. Karena pada umumnya mahasiswa tidak membawa makanan dari rumah. Untuk itu harus membeli makanan atau jajanan di sekitaran kampus. Nah, akan lebih mudah jika anda dapat membawakan makanannya hingga ke kelas-kelas. Sehingga mereka tidak perlu repot-repot membeli makanan di luar.


Dalam bisnis ini anda tidak harus memasak sendiri, anda dapat mengambil barang dari orang lain dan menjualnya kembali. Langkah ini dinilai lebih mudah dan praktis. Walaupun keuntungan yang diperoleh tidak sebesar saat anda memasaknya sendiri.

5. Menjadi Ojek Online
Belakangan ini usaha ojek online sedanga naik daun. Di kota-kota besar seperti Jakarta, keberadaan jasa ojek online sangat memudahkan. Disamping biayanya yang tidak mahal ojek online juga memiliki layanan cepat serta memberi rasa aman bagi penggunanya. Maka dari itu, pekerjaan ini dapat menjadi peluang bisnis yang baik bagi para mahasiswa. Karena bentuk pekerjaan yang Freelance dan cukup mudah untuk menjadi tukang ojek online.


Pekerjaan ini dapat dilakukan setelah kegiatan kuliah dan hari libur. Penghasilan yang diperoleh juga cukup besar untuk dapat digunakan sehari-hari. Namun usahakan agar tidak terlalu lelah karena terdapat resiko yang besar saat bekerja di jalanan.


Itulah beberapa diantaranya contoh Usaha Sampingan Untuk Mahasiswa Dengan Modal Kecil yang bisa di pilih, dengan menjalankannya selain anda akan bisa mendapatkan keuntungan, tidak kalah penting juga pengalaman berbisnis akan bisa mulai didapatkan sejak dini sebagai bekal kedepannya nanti.

Apapun bisnis yang dijalani, harus dijalankan secara baik dan terkonsep. Siapkan mental, karena biasanya akan sulit untuk memulai sebuah bisnis, bahkan mungkin dipikiran terdapat berbagi macam alasan yang membuat Anda ragu untuk action dalam bisnis mahasiswa ini. Padahal jika tekun akan sangat membanggakan ketika belum lulus kuliah sudah mempunyai bisnis yang berjalan secara sistematis. Selamat berbisnis.



Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs jadimandiri.org

Comments

Popular posts from this blog

PGN Terus Sebarkan Energi Baik Gas Bumi ke Penjuru Tanah Air

5 Objek Wisata Tercantik di Raja Ampat

Wisata alam Dieng