4 Tempat Wisata Pilihan di Jakarta



1. Monumen Nasional
Monumen nasional atau yang sering disebut dengan monas merupakan ikon dari kota Jakarta. Monas dikenal dengan tugu dengan puncak berbentuk obor emas. Nah di dalam tugu tersebut terdapat lift. Kita dapat melihat pemandangan kota Jakarta dengan menaiki lift. Lift tersebut dapat menampung sekitar 11 orang. Lift tersebut berada di pintu sisi selatan dan akan membawa pengunjung menuju pelataran puncak. Pelataran puncak tersebut berukuran 11 x 11 meter dengan ketinggian 115 meter. Pelataran puncak ini dapat menampung sekitar 50 orang, disediakan juga teropong sehingga kita dapat melihat pemandangan lebih jelas.

 
Di sekeliling monument terdapat relief yang menggambarkan sejarah Indonesia. Relief tersebut menceritakan kisah Singhasari, Majapahit dan masa penjajahan Belanda. Relief dan patung-patung tersebut terbuat dari semen dengan kerangka pipa atau logam. Di bagian bawah tugu monas terdapat Museum Sejarah Nasional Indonesia. Di dalam museum tersebut terdapat 51 diorama. Diorama tersebut mengambarkan sejarah Indonesia dari masa pra sejarah sampai masa Orde Baru.

 

2. Kota Tua
Kota Tua merupakan tempat wisata yang terkenal di Jakarta. Banyak wisatawan domestik sampai mancanegara yang mengunjungi tempat ini. Kota tua sendiri terkenal dengan bangunan bersejarah dan arsitektur yang khas Belanda. Kota tua berlokasi di Kelurahan Pinangsia Kecamatan Tamansari Kotamadya Jakarta Barat. Kota Tua berada di dua wilayah, yakni Jakarta Utara dan Jakarta Barat. Kota Tua yang merupakan asal usul kota Jakarta, yang dikenal juga dengan sebutan Batavia Lama. Kota tua menyimpan banyak cerita sejarah dan budaya khas Belanda karena banyak peninggalan dari zaman kolonial Belanda.

Di kawasan kota tua terdapat banyak museum yang menarik dikunjungi, antara lain: Museum Fatahillah, Museum Seni Rupa dan Keramik, Museum Wayang, Museum Bahari, Museum Bank Mandiri, dan Museum Bank Indonesia. Harga tiket museum di kawasan kota tua ini cukup terjangkau, sekitar Rp 0 sampai Rp 10.000 sehingga cocok dikunjungi walaupun keadaan keuangan sedang seret. Selain dikelilingin dengan museum, kawasan kota tua juga dikelilingi oleh tempat menarik seperti: Glodok, Toko Merah, Jembatan Tarik Kota Intan, Gedung Dasaad Musin, dan Pelabuhan Sunda Kelapa.



3. Taman Mini Indonesia Indah
Taman Mini Indonesia Indah atau yang disingkat dengan TMII adalah taman wisata dengan tema budaya Indonesia. Di dalam TMII terdapat berbagai museum, anjungan daerah dan teater. Teater yang ada di TMII antara lain: Teater IMAX Keong Mas, Teater Tanah Airku, dan Teater 4D. Di tengah-tengah TMII terdapat sebuah danau dengan  miniatur kepulauan Indonesia. 


Terdapat 16 museum yang berisi sejarah, budaya, flora dan fauna, serta teknologi di Indonesia. Beberapa museum tersebut, yaitu: Museum Indonesia, Museum Purna Bhakti Pertiwi, Museum Keprajuritan Indonesia, dan Museum Perangko Indonesia.Kita dapat naik kereta gantung dan menikmati pemandang TMII dari atas. Selain kereta gantung, kita juga dapat menikmati pemandangan TMII dengan menyusuri danau dengan perahu angsa.


4. Hutan Mangrove
Untuk menikmati wisata alam, kita tidak perlu jauh-jauh ke luar kota. Di Jakarta juga ada loh, salah satunya hutan mangrove ini. Taman wisata hutan mangrove ini berlokasi di Pantai Indah Kapuk, Jakarta. Taman wisata hutan mangrove merupakan tempat wisata lingkungan atau ecotourism. Hutan mangrove atau yang dikenal dengan hutan bakau. Hutan bakau sendiri memiliki fungsi untuk menahan abrasi dan erosi pantai.

Selain udaranya yang sejuk, banyak terdapat tanaman bakau dan tanaman lain yang membuat pemandangan menjadi asri. Apabila kita kesana, kita dapat berwisata, dekat dengan alam sekaligus mengenal lebih dalam mengenai tanaman mangrove. Walaupun pemandangan disana indah, kita hanya boleh berfoto-foto dengan kamera hp. Apabila kita menggunakan kamera DSLR, kita akan dikenakan denda. Karena pemandangannya yang indah, hutan mangrove ini seringkali dijadikan lokasi foto prewedding. Untuk foto prewedding sendiri, akan dikenakan biaya tambahan.



Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs jadimandiri.org

Comments

Popular posts from this blog

Keadaan Lingkungan Saat Ini

Potensi Gas Alam

Kas dan Setara Kas