Gas Bumi Murah PGN Tersebar ke Berbagai Daerah

Kini kita dapat menikmati gas bumi murah berkat PT. Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN). PGN terus berkomitmen untuk menyebarkan energi baik bagi Indonesia dengan menyediakan bahan bakar. Dengan beralih ke gas bumi PGN, kita membantu mengurangi pengeluaran pemerintah dalam memsubsidi bahan bakar. 

PGN adalah perusahaan yang memfasilitasi penyediaan gas bumi, mempunyai target satu juta sambungan gas baru dalam dua tahun. PGN telah berhasil memasang 10.000 saluran gas bumi untuk rumah tangga. Gas bumi rumah tangga tersebut tersebar di berbagai daerah antara lain: Jabodetabek, Medan, Surabaya, Palembang dan masih banyak lagi. Untuk menambah pelanggan gas rumah tangga, PGN melakukan dua cara, yakni mengembangkan sendiri jaringan gas untuk rumah tangga dan bekerja sama dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).


Berikut adalah penjabaran dua cara PGN tersebut:

Pertama, menggunakan modal sendiri. Dalam melakukan penmbangunan jaringan gas rumah tangga, investasi dan modal yang digunakan berasal dari dana PGN sendiri, bukan dari pemerintah. Daerah pengembangan sendiri tersebar di seluruh wilayah Indonesia, diantaranya, Kepulauan Riau, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Dalam pengembangan jaringan gas rumah tangga ini, PGN mengutamakan perluasan pelanggan baru untuk rumah tangga wilayah eksisting maupun wilayah baru yang belum terjangkau jaringan.

Selain menggunakan gas bumi lewat pipa-pipa, PGN juga melakukan pioneering dalam bentuk clustering CNG.  Misalnya dilakukan di Semarang, Jawa Tengah. Gas yang disalurkan untuk pelanggan rumah tangga PGN di Tambak Aji Semarang yang berupa CNG diangkut dengan menggunakan truck dari Jawa Timur. Gas CNG tersebut selanjutnya disalurkan untuk pelanggan rumah tangga di Tambak Aji, Semarang.

Kedua, dengan menjalin kerja sama dengan Kementerian ESDM. Saat ini, PGN sudah diberi kepercayaan oleh Kementerian ESDM untuk mengelola dan mengoperasikan jaringan gas bumi yang dibangun oleh Kementerian ESDM. Menteri ESDM, Sudirman Said, menyerahkan amanat itu kepada PGN pada tanggal 19 Agustus 2015. Kerja sama antara PGN dengan Kementerian ESDM akan mempercepat perluasan gas bumi untuk rumah tangga. 

Dengan pengalaman PGN selama ini dalam menyalurkan gas bumi untuk rumah tangga, PGN selalu siap mendapatkan penugasan dari pemerintah. Amanat tersebut adalah untuk mengatur dan mengoperasikan jaringan gas untuk 43.334 rumah tangga di 11 kota/kabupaten. Sebelas kota/kabupaten tersebut adalah sebagai berikut:

- Blora sebanyak 4.000 sambungan rumah (SR)
- Semarang sebanyak 4.000 sambungan rumah (SR)
- Rumah susun di Jabodetabek 5.234 sambungan rumah (SR)
- Kabupaten Bogor sebanyak 4.000 sambungan rumah (SR)
- Kota Cirebon sebanyak 4.000 sambungan rumah (SR)
- Kota Palembang 3.311 sambungan rumah (SR)
- Kota Surabaya sebanyak 2.900 sambungan rumah (SR)
- Kota Depok sebanyak 4.000 sambungan rumah (SR)
- Kota Tarakan sebanyak 3.366 sambungan rumah (SR)
- Kota Bekasi sebanyak 4.628 sambungan rumah (SR)
- Kabupaten Sorong sebanyak 3.898 sambungan rumah (SR)



Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs Si-Nergi

Comments

Popular posts from this blog

Keadaan Lingkungan Saat Ini

Potensi Gas Alam

Kepedulian BUMN untuk Warga Bengkulu