Kemeriahan Festival Destika 2016 di Papua



Festival Desa Teknologi Informasi dan Komunikasi (Destika) tahun ini, tahun 2016 diadakan di Khalkote, Kampung Asei Besar, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua. Festival ini merupakan Festival Destika yang ke-4. Tempat peyelenggaran Destika kali ini biasanya digunakan untuk penyelenggaraan Festival Danau Sentani yang diadakan setiap tahunnya. Festival Danau Sentani merupakan ikon wisata terkenal di Kabupaten Jayapura.

Tahun-tahun sebelumnya, Destika diadakan diberbagai tempat yang berbeda. Pertama kali, pada tahun 2013, Destika diadakan di Banyumas (Jawa Tengah). Tahun berikutnya, tahun 2014, diadakan di Majalengka (Jawa Barat) dan tahun lalu (2015) diadakan di Belitung Timur (Babel). Destika sendiri merupakan ide brilian dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Festival Destika ini diselenggarakan selama 3 hari berturut-turut, dari tanggal 28 September sampai dengan 30 September 2016 dengan tema: “Tong Pu Kampung Bersuara Untuk Indonesia”. Acara ini juga dihadiri oleh Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw. Acara Festival DesTIKa ini diperkirakan dihadiri oleh 2.000 peserta.

Dalam festival Destika kali ini juga ada peluncuran aplikasi Sistem Informasi Kampung Papua (SIKAP). Keunggulan dari aplikasi ini adalah bisa disesuaikan dengan kebutuhan di masing-masing Kabupaten. Fitur utama aplikasi ini adalah kependudukan, administrasi dan pengelolaan keuangan kampung. Aplikasi ini mudah digunakan atau sering disebut user friendly. Aplikasi ini memungkinkan proses pelayanan administrasi warga dapat dilakukan dalam waktu singkat.. Aplikasi ini dapat berjalan secara online maupun offline dengan basis desktop. Walaupun tidak ada internet, aplikasi ini dapat digunakan sehingga cocok dengan kondisi desa atau kampung di Indonesia yang agak sulit mendapat jaringan internet.

Destika merupakan festival tahunan untuk masyarakat desa agar meningkatkan produktivitas mereka melalui Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Diharapkan melalui proses pembelajaran dan informasi yang diberikan di Destika, masyarakat desa dapat memperoleh pengetahuan lebih dalam mengenai teknologi sehingga mampu mengelola potensi kampungnya dan mempromosikan kampungnya lebih baik lagi.

Festival Destika di kabupaten Jayapura Papua telah selesai dilaksanakan. Seluruh proses pesiapan, pelaksanaan sudah dilalui, selanjutnya akan dilanjutkan dengan program-program kolaboratif Pemerintah Pusat, Daerah dan komunitas yang berhubungan dengan pemberdayaan TIK di seluruh Papua pada umumnya dan di Jayapura pada khususnya.




Comments

Popular posts from this blog

Keadaan Lingkungan Saat Ini

Potensi Gas Alam

Kepedulian BUMN untuk Warga Bengkulu