Akankah Film Waterworld Benar-Benar Terjadi?


Film Waterworld ini menceritakan mengenai keadaan bumi di masa mendatang yang dipenuhi oleh lautan. Waterworld merupakan film action lawas garapan sutradara Kevin Reynold. Film yang dibintangi Kevin Costner, Dennis Hopper, Jeanne Tripplehorn, Tina Majorino dan Michael Jeter ini dirilis pada 28 Juli 1995. Dan hingga saat ini Waterworld masih sering dijumpai tayang di layar kaca Indonesia.
Dikisahkan di masa depan es di Kutub mencair dan menjadikan permukaan air laut meningkat sedikit demi sedikit. Dan setelah semua es mencair daratan ditenggelamkan oleh air. Orang-orang yang selamat diklasifikan menjadi empat golongan yaitu: Smokers, Atoll Dwellers/Penghuni Atol, Kaum pengembara, dan Slaver.

Kaum Smokers adalah kelompok bersenjata yang sering merusak dan merampas harta benda kelompok lain. Atoll Dwellers/Penghuni Atoll adalah warga biasa yang hidup berkelompok di perairan dengan menggunakan rumah apung. Kaum pengembara adalah orang-orang yang pergi berkeliling dunia untuk menemukan ‘Dryland’ atau daratan. Sedangkan Slaver adalah para budak yang diperjual-belikan.

Cerita bermula saat seorang mariner (pengembara) yang diperankan Kevin Costner mendatangi pemungkiman warga dan menukarkan tanah dengan uang. Dimana tanah merupakan benda yang langka dan berharga tinggi. Para pedagang dan warga atol merasa curiga dengan mariner dan menuduh bahwa ia adalah mata-mata kaum smoker lalu memenjarakannya. Sebelum sempat mengeksekusi mariner, kampung tersebut dihancurkan oleh kaum smoker. Mereka mencari seorang gadis bernama Enola yang mempunyai tato pada menuju dryland di punggungnya. Enola yang tinggal bersama dengan helen seorang wanita muda berusaha melarikan diri dari kekacauan. Pada awalnya mereka akan pergi dengan Gregor yang merupakan seorang ilmuwan. Namun sayangnya Balon udara Gregor telah terbang sebelum mereka masuk. Oleh karena itu mereka kemudian bekerja sama dengan mariner dan berhasil berlayar di lautan untuk mencari Dryland.

Tak selesai sampai disitu, Kaum smoker belum menyerah. Mereka terus berusaha mendapatkan Enola. Petualangan terus berlanjut hingga suatu ketika Helen dan Mariner yang sedang melihat kota yang telah tenggelam tidak menyadari bahwa Enola diculik oleh kaum smoker. Demi menyelamatkan Enola mereka berdua berhadapan dengan kaum smoker dan menghancurkan kaum smoker. Diakhir cerita Mariner, Helen, Elena dan Gregor berhasil menemukan Dryland dari petunjuk peta Elena. Mereka pun memulai kehidupan baru dipulau tersebut sedangkan Mariner kembali melanjutkan perjalanannya.
Dari film Waterworld dapat diambil pelajaran bahwa bumi ini harus kita jaga. Meningkatnya efek rumah kaca akibat emisi karbon membuat bumi makin panas dan es di kutub mencair. Sebagai warga bumi yang baik sudah saatnya untuk menggunakan energi yang ramah lingkungan. Energi gas bumi menghasilkan emisi karbon yang jauh lebih rendah dibandikan dengan energi dari hasil pembakaran minyak bumi.

PGN sebagai penyedia produk Gas Bumi telah membantu kita untuk berubah. Dimulai dari menggunakan Gas bumi sebagai energi untuk memasak, kemudian membangun Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG) untuk memfasilitasi kendaraan-kendaraan yang berbahan bakar gas, memberikan alternaif energi bagi industri, serta penggunaan gas bumi sebagai energi untuk pembangkit listrik. Untuk itu sudah saatnya kita berubah, bersama-sama menjaga bumi ini agar tetap nyaman dan aman untuk ditinggali.




Link referensi:




Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs Si-Nergi

Comments

Popular posts from this blog

Keadaan Lingkungan Saat Ini

Potensi Gas Alam

Kas dan Setara Kas