Cintai Bumi dengan Mencintai Pohon


The Lorax

Sutradara        : Chris Renaud, Kyle Balda
Pemain            : Danny DeVito, Zac Efron, Taylor Swift, Ed Helms, Betty White, Jenny Slate
Genre              : Animasi
Durasi              : 77 menit
Tahun              : 2012

Film ini mengisahkan Kehidupan bumi di masa mendatang, yang mana setting lokasinya berada di Thneed-Ville. Thneed-Ville merupakan kota yang nampak begitu indah dan sempurna, para warganya menyanyi dengan riangnya, karena begitu bahagia, mereka tidak sempat lagi memikirkan kemana perginya pohon-pohon asli yang sudah  digantikan dengan pohon-pohon imitasi berbahan plastik. Thneed-Ville adalah kota yang seluruh unsur didalamnya merupakan buatan manusia. Bahkan untuk mendapatkan udara segar, warga kota ini harus membeli udara kemasan bernama O’Hare Air.

Ted Wiggins (Zac Efron) jatuh cinta kepada seorang anak perempuan bernama Audrey (Taylor Swift). Ted ingin mewujudkan keinginan Audrey untuk memiliki sebuah rumah pohon di pohon yang asli. Ted berusaha mencari tahu mengenai pohon asli dan mendapat informasi mengenai pohon asli dari neneknya (Betty White). Ted akhirnya mengetahui bahwa di luar komplek ada pohon yang asli. Ted nekat keluar dari komplek agar bisa mendapatkan pohon yang asli.

Ted yang sudah berada di luar komplek dihadapkan pada negeri yang gersang dan gelap. Ini adalah kondisi bumi yang gersang dan sangat berbeda dengan keadaan Thneed-Ville. Ted lalu bertemu dengan seorang lelaki yang paling bertanggung jawab atas kerusakan lingkungan itu bernama Once-ler (Ed Helms). Akibat ketamakannya, ia menebang semua pohon yang ada dan menyebabkan lingkungan menjadi rusak.

Lingkungan menjadi penuh polusi, oksigen tak ada lagi, sebab pohon-pohon sudah habis ditebang. Tak jauh dari lembah itu, dibangun tembok tinggi. Di balik tembok itu berdiri sebuah kota bernama Thneed-Ville. Ini lah asal muasal dari kota Tneed-Ville. Thneed-Ville dibangun karena lingkungan yang asli telah rusak. Once-ler yang sudah bertobat mencoba menebus kesalahannya dengan memberi Ted bibit Truffula terakhir. Ted harus menanamnya di pusat kota dan merawat pohon tersebut agar dapat menghasilkan pohon-pohon lain.

Dari kisah ini, kita belajar bahwa menebang pohon secara besar-besaran akan mengakibatkan dampak yang sangat buruk bagi bumi. Sifat serakah dari manusia untuk mendapat keuntungan dengan mengeksploitasi lingkungan juga harus kita hindari. Dengan sifat tamak, kita tidak akan tidak pernah puas untuk mendapatkan sesuatu. Kita akan terus mengejar hal itu dan berhenti apabila telah mentok. Dalam kasus ini, pohon telah habis ditebang.

Jangan sampai bumi kita tercinta terjadi seperti dalam film Lorax ini. Untuk menikmati udara bersih kita harus membelinya. Seharusnya kita bersyukur Tuhan telah memberikan pohon dan lingkungan yang baik ini. Dengan bersyukur kita tidak akan mengeksploitasi lingkungan. 

Pohon memiliki begitu banyak manfaat, antara lain:

Penghasil oksigen
Pohon merupakan penghasil oksigen (O2) sehingga kita dapat bernafas dengan nyaman dan segar. Melalui proses fotosintesis, pohon mengurangi kadar karbon dioksida (CO2) yang dihasilkan dari kendaraan bermotor dan pabrik.

Sumber makanan
Dari daun sampai buah dari pohon dapat kita makan. Selain sebagai makanan manusia, pohon juga makanan bagi mahluk lain. Apabila tidak ada tanaman, rantai makanan akan terganggu dan mahluk lain pun terancam punah.

Mencegah erosi dan banjir
Fungsi pohon lainnya adalah untuk menahan laju air. Dengan kemampuan ini, keberadaan pohon dapat meningkatkan cadangan air tanah. Selain dapat menahan laju air, akar pohon berfungsi erosi tanah. Tanah yang terkikis akan masuk ke aliran sungai dan menyebabkan terjadinya endapan.

Menjaga kesuburan tanah.
Air hujan yang langsung jatuh ke tanah dapat menyebabkan lapisan tanah bagian atas yang berhumus dan subur menjadi tergerus sehingga menurunnya kesuburan tanah. Bila permukaan tanah banyak ditanami pohon, saat hujan turun, airnya tidak langsung menimpa permukaan tanah, tetapi tertahan oleh daun, ranting, dan batang pohon, sehingga mengurangi gerusan air terhadap tanah.

Pohon sebagai bagian dari hutan memiliki begitu banyak fungsi, mulai dari sumber oksigen sampai mencegah berbagai bencana lingkungan seperti abrasi, banjir bandang dan tanah longsor. So, mulai sekarang hentikan penebangan hutan. Sebagai bukti cinta dan kepedulian kita terhadap lingkungan, kita dapat melakukan hal kecil dari menghemat penggunaan kertas / tissue dan menanam pohon di lingkungan kita demi bumi kita yang tercinta.



Link referensi:


Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs Si-Nergi

Comments

Popular posts from this blog

Keadaan Lingkungan Saat Ini

Potensi Gas Alam

Kepedulian BUMN untuk Warga Bengkulu