5 Objek Wisata Tercantik di Raja Ampat

Kepulauan Raja Ampat merupakan rangkaian empat pulau yang berdekatan dan terletak di Pulau Papua. Empat pulau utama yang ada disini adalah Pulau Waigeo, Pulau Misool, Pulau Salawati dan Pulau Batanta. Raja Ampat kini menjadi destinasi favorit pencinta diving Indonesia karena keindahan pemandangan bawah lautnya.

Berikut adalah 5 objek wisata tercantik yang wajib dikunjungi:

1. Pulau Wayag
Pulau Wayag berada di Waigeo Barat. Pulau Wayag terdiri dari pulau-pulau kecil. Pulau kecil tersebut adalah pulau karang yang ditumbuhi pepohonan. Bersihnya air laut di Pulau Wayag membuat terumbu karang dan ikan-ikan disana terlihat jelas.



Bila kita melihat dari puncak bukit pulau, kita dapat melihat pulau-pulau kecil berkeliling yang cantik. Ada pula pulau yang dinamakan Pasir Timbul. Pasir Timbul adalah sebuah hamparan pasir yang membentuk pulau kecil di tengah-tengah lautan. Keberadaan Pasir Timbul tergantung pada surut dan pasangnya air laut. Pada saat air laut pasang, pulau pasir akan hilang tenggelam di dalam air. Pada saat air laut surut, Pasir Timbul akan muncul kembali. 

Teluk Kabui
2. Teluk Kabui
Teluk Kabui mirip dengan Pulau Wayag sehingga banyak orang yang menyebut Teluk Kabui adalah miniatur Pulau Wayag. Teluk Kabui berada di antara Pulau Waigeo dan pulau Gam. Teluk Kabui lokasinya agak tersembunyi, sehingga apabila dilihat dari kejauhan yang Nampak hanyalah pepohonan hijau. Teluk Kabui mempunyai puluhan pulau karang caantik yang tersebar. Air di perairan teluk Kabui berwarna biru dan kita dapat melihat terumbu karang tanpa harus menyelam karena air disana masih sangat jernih. 


3. Stasiun Pencucian Pari Manta
Pari Manta atau Pari Selimut memiliki tubuh yang sangat lebar menyerupai sayap, lebarnya dapat mencapai 8 meter dengan berat hingga 3 ton. Selain itu, ciri khas ikan ini adalah sepasang sirip kecil seperti tanduk yang terdapat di kepalanya. Itu sesungguhnya bukanlah tanduk, melainkan sepasang sirip yang menjadi penyaring plankton-plankton yang masuk ke mulut Ikan Pari bersama air laut. Plankton adalah makanan utama Ikan Pari. Ikan Pari bisa menyantap lebih dari 1 ton plankton dalam sehari.


Pari Manta ini sedang membersihkan diri. Siapa yang membersihkan Pari Manta tersebut? Ikan-ikan kecil. Ikan-ikan kecil tersebut yang sebagian besar adalah Angelfish sedang membersihkan satu Pari Manta, apabila Pari Mantas tersebut telah bersih, mereka akan pindah ke Pari Manta lain dan memulai pembersihan lagi. M engapa ikan-ikan kecil tersebut mau melakukan hal itu? Ternyata mereka mengincar makanan yang menempel di badan Pari Manta.

4. Pulau Misool
Pulau Misool adalah satu dari empat pulau yang ada di kepulauan Raja Ampat. Pulau ini berbatasaan langsung dengan laut seram dan juga perairan laut lepas. Pulau misool termasuk daerah segitiga karang dunia dan puluhan banyak ikan hias yang terdapat di dalam lautnya yakni sekitar 75% ikan hias dan segitiga karang dunia juga terdapat di daerah misool ini. Daerah ini juga menjadi jalur lintasnya hewan-hewan besar yaitu seperti ikan paus dan gurita.


Pulau Misool tersebut tidak berpenghuni sehingga kamu yang mengunjungi tempat ini akan lebih nyaman dan tenang menikmati suasana pulau yang sejuk. Yang paling terkenal dari Pulau Misoolini adalah Blue Water Mangrove. Di Blue Water Mangrove, akar pohon bakau bertemu dengan terumbu karang sehingga menciptakan pemandangan yang unik.

Pulau Misool

5. Pulau Salawati
Pulau Salawati merupakan salah satu tempat terjadinya perang dunia kedua sehingga tersisa banyak serpihan kapal laut dan pesawat tenggelam di perairannya. Dulu tempat ini menjadi tempat yang seram tetapi sekarang menjadi pemandangan yang indah. Ikan-ikan menjadikan kapal ini sebagai rumah. Perairan yang mempunyai koleksi kapal karam adalah perairan Salawati dan pulau Wai.


Untuk budget yang perlu dikeluarkan kurang lebih sekitar 7 juta rupiah sampai dengan 10 juta rupiah. Untuk detail lebih jelasnya dapat dilihat di detail harga. Semoga postingan ini membantu untuk kamu yang mau traveling ke Raja Ampat. Have a nice trip!



Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs jadimandiri.org 

Comments

Popular posts from this blog

Keadaan Lingkungan Saat Ini

Potensi Gas Alam

Kepedulian BUMN untuk Warga Bengkulu