Tips Hemat untuk Pelajar, Wajib Dibaca!

Mungkin beberapa dari yang baca blog masih duduk di bangku sekolah atau berkuliah dan belum bekerja. Beberapa diperbolehkan bekerja setelah lulus kuliah atau tidak punya cukup banyak waktu untuk bekerja full time. Untuk pelajar yang belum berkerja tetap seperti saya contohnya, terkadang kekurangan uang untuk memenuhi kebutuhan atau membutuhkan uang tambahan untuk membeli sesuatu / berlibur. Atau mungkin beberapa dari pembaca blog ini sudah bekerja tapi masih kekurangan uang untuk memenuhi kebutuhannya.

Nah berikut tips yang dapat saya bagikan untuk kalian semua yang kiranya bisa membantu untuk menghemat uang:


Pertama, biasakan membawa bekal dari rumah. Bekal bisa berupa makanan dan minuman. Sarapan (apabila belum sempat sarapan dirumah bisa dibawa ke sekolah/kampus) dan makan siang adalah makanan yang wajib dibawa. Kenapa? Karena selain menghemat uang saku, makanan yang dibawa dari rumah tentunya lebih sehat. Makanan saat ini cukup mahal, untuk makan siang perlu mengocek uang sebesar 8.000-15.000 untuk sarapan sekitar 2.000-10.000. 


Kedua, biasakan tidak membeli barang yang tidak dibutuhkan. Buatlah daftar prioritas barang yang ingin dibeli. Pastikan barang yang dibeli merupakan barang yang dibutuhkan. Kita boleh membeli barang yang diinginkan, tapi pastikan barang itu dapat terpakai buka sekedar ‘laper mata’ yang berujung jadi ‘pajangan’ atau bahkan ‘sampah’. Jadi sebelum membeli sesuatu yang diingkinkan sebaiknya berpikir 2 kali.


Ketiga, biasakan menabung. Menabung dapat berupa uang, saham, emas maupun lainnya. Sejak kecil kita sudah disosialisasikan untuk belajar menabung. Mengapa? Karena menabung banyak sekali manfaatnya. Terbiasa menabung membuat kita menghindari pengeluaran yang tidak perlu karena uangnya dialihkan ke tabungan. Selain itu, tabungan merupakan bekal untuk masa mendatang. Contoh: suatu hari di masa mendatang kita ingin membeli handphone, kita bisa menggunakan uang tabungan kita. Apabila jumlah belum cukup, kita hanya perlu menambahkan sisanya sehingga tidak perlu mengeluarkan banyak uang.

Selain dalam bentuk uang, kita dapat menabung dalam bentuk tanah, emas, dan saham. Yang jumlahnya semakin tahun akan semakin naik. Jadi akan sangat menguntungkan di kemudian hari. Pemerintah juga sedang menggalakan program #YukNabungSaham. Nah mumpung masih pelajar (sekolah/mahasiswa) untuk kalian yang tertarik di dunia saham, biasa buka rekening saham karena hanya perlu mengeluarkan Rp 100.000 saja. Untuk non mahasiswa (umum) perlu mengeluarkan minimal Rp 1.000.000 jadi yuk manfaatin kesempatan baik ini.  

Keempat, mencoba mencari uang tambahan dengan bekerja paruh waktu atau berjualan online. Kalian bisa mencoba bekerja menjadi guru les, menjadi supir ojek online, atau mengisi acara dengan menjadi anggota band sebagai penyanyi atau pemain musik. Berjualan juga dapat berjualan secara offline atau online. Di era digital seperti sekarang ini, dunia digital sangat membantu kehidupan sehari dan kita sebagai generasi muda hendaknya dapat memanfaatkan sebaik mungkin antar lain untuk berjualan dan bekerja. Melalui internet kita dapat mencari lowongan kerja ataupun membuat CV online.

Demikian adalah beberapa tips yang dapat saya bagikan, semoga membantu dan berguna.
Selalu rajin belajar dan semoga sukses 😃



Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs jadimandiri.org 

Comments

Popular posts from this blog

Wisata alam Dieng

PGN Terus Sebarkan Energi Baik Gas Bumi ke Penjuru Tanah Air

5 Objek Wisata Tercantik di Raja Ampat