Tips Traveling dengan Biaya yang Murah, Anda Perlu Tau!



Traveling dapat dibilang sebagai kebutuhan sekunder bagi manusia. Penatnya pekerjaan dan rutinitas sehari-hari membuat kita ingin menyengarkan otak. Banyak cara yang dapat digunakan untuk menghilangkan kejenuhan, salah satunya: traveling. Banyak orang masih menganggap bahwa traveling adalah sesuatu yang mahal. Pemikiran itu salah besar, karena kita bisa menikmati traveling yang murah asalkan tau strateginya. Berikut adalah strategi yang dapat saya bagikan:

1. Cari penginapan di online website.
Sekarang ini banyak sekali website yang menawarkan penginapan, mulai dari penginapan sederhana sampai penginapan mewah. Antara lain: traveloka.com, trivago.co.id, rajakamar.com, agoda.com dan misteraladin.com Biasanya harga kamar yang ditawarkan dari website tersebut lebih murah dari harga yang ditawarkan oleh pihak penginapannya. Rajin-rajinlah browsing website tersebut untuk mendapatkan harga yang paling minim.

Kalau anda mempunyai teman atau keluarga yang tinggal di kota yang akan anda kunjungi. Sebaiknya anda menginap di rumah teman atau keluarga anda. Karena dengan begitu anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk penginapan.

2. Memburu tiket pesawat murah.
Biasanya maskapai pesawat tertentu memberikan promo besar-besaran, tetapi kita harus rajin-rajin browsing sehingga tidak ketinggalan promo menarik. Selain di website resmi maskapai tersebut, di kaskus juga sering ada promo tiket pesawat. Selain penginapan, kita juga bisa browsing tiket termurah di website. Beberapa website yang bisa digunakan antara lain: tiket.com, skyscanner.com, arenatiket.com. Beberapa website seperti traveloka dan nusa trip selain menyediakan penginapan juga menyediakan jasa pembelian tiket.

Selain itu, untuk transportasi, anda bisa memilih perjalanan malam sehingga sampai di kota tujuan pagi hari sehingga anda menghemat biaya penginapan dengan beristirahat selama di perjalanan, contohnya: seperti kereta api dan pesawat apabila berpergian jauh. Untuk website pembelian tiket kereta yang murah dapat mencari di: utiket.com, traveloka.com, pegipegi.com bagian tiket kereta.

Pembelian tiket sebaiknya dilakukan jauh-jauh hari karena harga yang ditawarkan akan lebih murah. Apabila kita membeli tiket dekat-dekat dengan hari keberangkatan kita, harga tiket pun akan semakin tinggi. Selain itu, pilihlah hari dimana bukan hari akhir pecan atau musim liburan. Di saat musim liburan, harga tiket dapat naik hingga 2 atau 3 kali lipat.

3. Ajak keluarga dan teman.
Untuk wisata dengan agen wisata biasanya jumlah orang yang akan pergi mempengaruhi harga paket wisata. Jadi sebaiknya ajak teman atau keluarga sebanyak mungkin sehingga harga yang harus dibayar semakin sedikit. Penghematan yang didapatkan dari mengajak orang cukup besar, jadi cobalah untuk mengajak orang sebanyak-banyaknya karena selain hemat, liburan juga akan menjadi semakin meriah.

4. Berkenalan dengan orang baru.
Buatlah dirimu menjadi orang yang ramah dan terbuka. Cobalah untuk mengajak bicara orang-orang yang anda temui sepanjang perjalanan. Cobalah buat dirimu menjadi orang yang friendly sehingga orang tertarik untuk berbicara bahkan bertukar cerita denganmu. Mungkin saja anda akan mendapatkan sesuatu dari orang itu, seperti: informasi yang belum anda ketahui, minuman atau makanan gratis, atau bahkan menginap dirumahnya. Selain mendapatkan sesuatu, anda juga menambah teman dan wawasan.

5. Menyewa motor atau berjalan kaki.
Daripada menggunakan kendaraan umum atau menyewa mobil untuk berpergian menuju tempat-tempat wisata yang ingin dikunjungi, sebaiknya anda menyewa motor. Selain praktis, karena tidak perlu naik turun kendaraan umum, motor juga lebih menghemat pengeluaran.

Untuk tempat wisata yang berada dekat dari penginapan atau bandara / stasiun, kita bisa menuju tempat wisata tersebut dengan berjalan kaki. Selain hemat, berjalan kaki juga membuat tubuh kita menjadi sehat. Kita juga dapat menikmati pemandangan dan merasakan lingkungan menuju ke tempat wisata.

6. Makan di warung.
Untuk makanan selama di kota yang kita mau kunjungi, sebaiknya makan di warung atau beli makanan di pedangan kaki lima. Karena makan di warung / kaki lama akan mengungari pengeluaran anda dibandingkan dengan makan di restaurant / café / club yang mahal. Disamping itu, bawalah botol minum dan camilan sehingga apabila kita kehausan dan kelaparan, kita dapat meminum atau memakan makanan yang sudah kita bawa dan tidak perlu membeli karena harga minuman / makanan di tempat wisata biasanya lebih mahal.


Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga dapat berguna, dan selamat berlibur!



Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs jadimandiri.org 

Comments

Popular posts from this blog

Keadaan Lingkungan Saat Ini

Potensi Gas Alam

Kepedulian BUMN untuk Warga Bengkulu