Pentingnya Air bagi Kita


Air merupakan salah satu hal yang paling penting bagi seluruh mahluk hidup di bumi. Tanpa air tidak akan ada mahluk yang dapat bertahan hidup di bumi. Termasuk kita manusia, setiap hari kita perlu menggunakan air. Untuk minum, memasak, mandi, mencuci, dan kegiatan kegiatan lainya. Oleh karena pentingnya kenggunaan air bersih dalam kehidupan kita, kita perlu menghemat air bersih. Lalu bagaimanakah caranya? Berikut terdapat beberapa cara untuk menghemat penggunaan air bersih.

Yang pertama dapat dilakukan adalah menghemat air untuk mandi, dibanding mandi menggunakan gayung atau bathtub penggunaan shower dapat menghemat air hingga 60%. Mandi menggunakan gayung dapat menghabiskan air hingga 15 litter air bersih. Bayangkan berapa jumlah air bersih yang dapat kita hemat bila kita mandi 2-3 kali sehari. Selain saat mandi kita dapat menghemat air dengan mematikan kran air saat menggosok gigi atau mencuci tangan. Memang terihat sepele namun kita dapat menghemat hingga 10 litter air per hari.

Langkah kedua yang dapat kita lakukan adalah menghemat air saat mencuci piring, pakaian atau barang lainnya. Saat mencuci piring kita sebaiknya menyabuni dahulu seluruh piring, gelas dan peralatan makan lainnya. Setelah itu gunakan air mengalir untuk membilasnya. Saat mencuci pakaian kita dapat menghemat air dengan merendamnya dalam larutan sabun terlebih dahulu selama beberapa jam untuk melarutkan kotoran-kotoran yang menempel di pakaian. Untuk mencuci menggunakan mesin cuci kita dapat mencuci hingga kapasitas maksimum telah terpenuhi.

Yang terakhir adalah menghemat air saat menyiram tanaman. Menyiram tanaman saat pagi atau sore hari adalah saat yang paling tepat, karena dapat memperkecil penguapan air dan air akan lebih cepat diserap tanah. Selain itu kita dapat menyiram tanaman menggunakan air bekas cucian atau kita juga dapat memanfaatkan air hujan untuk menyiram tanaman dengan menampungnya. Namun kita juga harus berhati-hati akan bahaya penyakit yang disebabkan oleh nyamuk.


Berikut beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk membantu menghemat air. Menghemat air tidak hanya berpengaruh pada kita secara ekonomis, tetapi juga turut membantu penghematan energi dan untuk jangka panjang dapat menjaga kelangsungan hidup umat manusia di bumi. Selamat memperingati Hari Air sedunia, semoga kita semua semakin hemat dalam menggunakan air demi menjaga kelestarian lingkungan hidup.

Sumber Referensi:
https://www.facebook.com/notes/tupperware-shecan/10-tips-cara-menghemat-air-memperingati-hari-air-sedunia/563563467009030/

Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs Si-Nergi.

Comments

Popular posts from this blog

Wisata alam Dieng

PGN Terus Sebarkan Energi Baik Gas Bumi ke Penjuru Tanah Air

5 Objek Wisata Tercantik di Raja Ampat