PGN dalam kepemimpinan Hendi Prio Santoso



Hendi Prio Santoso pria kelahiran Jakarta, 5 Februari 1967 yang terpilih menjadi Direktur utama PT. Perusahaan Gas Negara (PGN). Hendi yang sebelumnya menjabat sebagai direktur keuangan di PGN dipilih oleh Kementrian Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pada 13 Juni 2008. Pria lulusan BBA Keuangan dan Ekonomi Universitas Houston, Texas, Amerika Serikat ini telah membawa PGN melewati masa sulitnya. Disaat krisis ekonomi global di tahun 2008 dan banyaknya kebocoran gas Hendi dipercaya membangun kembali PGN.

Hendi berusaha membangun infrastrukur ke seluruh wilayah dengan membuat jalur atau jalan tol gas dari ujung Sumatra hingga Bali dengan menggunakan pipa. Ia juga bekerja sama dengan pemerintah DKI Jakarta dengan menjadikan gas bumi sebagai bahan bakar bus Transjakarta. Dengan peningkatan fasilitas sarana dan prasarana, pendistribusian gas bumi semakin besar. Hal ini meningkatkan jumlah penjualan dan pedapatan dari PGN. Dan di tahun 2011 PGN membukukan laba bersih sebesar Rp. 5,93 Triliun. Jumlah yang jauh lebih baik dibanding saat pertama kali ia pimpin.

Selain membangun infrastruktur, Hendi Prio Santoso menjelaskan bahwa organisasi Perusahaan Gas Negara tidak menolerir korupsi sedikitpun. Dengan menguatkan nilai-nilai dan budaya perusahaan, Hendi berusaha membersihkan Perusahaan Gas Negara dari korupsi. Hal ini sejalan dengan roadmap pemberantasan korupsi 2012-2023 oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dimana sektor pangan, energi dan pajak menjadi prioritasnya.

Dengan kerja keras dan kebijakan-kebijakannya dalam membangun PGN dan membersihkan PGN dari tindakan fraud. Hendi berhasil membawa PGN kembali menunjukan tren positif. Jumlah pendapatan, laba bersih yang diterima dan Harga saham PGAS pun semakin meningkat. Dengan kinerja yang baik, bersih dan jujur membuat Hendi sempat menjadi calon Direktur Utama PT. Pertamina.

Sumber Referensi:

Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs Si-Nergi.

Comments

Popular posts from this blog

Keadaan Lingkungan Saat Ini

Potensi Gas Alam

Kepedulian BUMN untuk Warga Bengkulu