Hemat 300 Juta Berkat PGN


PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) telah mengoperasikan jalur pipa distribusi gas sepanjang lebih dari 3.750 km, menyuplai gas bumi ke pembangkit listrik, industri, usaha komersial termasuk restoran, hotel dan rumah sakit, serta rumah tangga di wilayah-wilayah yang paling padat penduduknya di Indonesia. Salah satunya adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Penggunaan gas bumi memberikan dampak positif karena memberikan penghematan bagi pemakainya. Berikut adalah salah satu contohnya:

Taviv Rahmadi Nasution, pemilik warung ayam penyet Akbari, di Jalan Setia Budi, Medan, Sumatera Utara. Ia dapat menghemat sekitar Rp 4,2 juta setiap bulannya berkat gas bumi dari PGN. Ia telah menggunakan gas bumi dari PGN  sejak 2009 untuk memasak di warung. Jadi sudah sekitar 7 tahun ia pakai gas bumi. sih, penggunaan gas bumi dari PGN memberikannya banyak manfaat. Salah satunya dapat menghemat sekitar Rp 4,2 juta setiap bulan.

Sebelumnya menggunakan gas bumi, Taviv menggunakan Liquefied Petroleum Gas (LPG) ukuran 12 kg. Pemakaian rata-rata 1,5 tabung per hari, apabila hari Sabtu-Minggu ia memakai hingga 2,5 tabung. Dalam sebulan bisa habis sampai 50 tabung. Harganya LPG per tabung adalah Rp 150.000, jadi biaya yang dikeluarkan untuk LPG sekita Rp 7 juta sebulan. 



Ketika menggunakan gas bumi dari PGN, hanya memakai gas sekitar 1.000 meter kubik, biaya yang dikeluarkan hanya Rp 2,8 juta per bulan. Sehingga dapat menghemat Rp 4,2 juta setiap bulannya. Apabila dikalikan dengan 12 bulan, setiap tahunnya Taviv dapat menghemat Rp 50,4 juta, ia telah memakai gas bumi  tahun, artinya Rp 50,4 juta dikali 7, ia telah menghemat Rp 352,8 juta.

Selain hemat, pelayanan PGN terhadap pelanggannya sangat baik sekali. Jika ada keluhan ditelpon langsung direspon, sehingga kami sebagai pelanggan sangat senang sekali karena keluhan kami dapat langsung diatasi. Jadi selama pakai gas bumi, saya nggak takut meledak atau takut bocor," ujarnya.



Kepala Area PGN Medan Sabaruddin mengatakan, banyak pengusaha kecil di Medan, yang merasakan manfaat dari aliran gas bumi PGN. Jumlah pelanggan komersil baik itu hotel, restoran, rumah makan, dan UKM di Medan mencapai 494 pelanggan, kami juga menyalurkan gas bumi ke 47 industri, dan sekitar 20.000 pelanggan rumah tangga. Panjang pipa gas di Medan untuk menyalurkan gas bumi ke pelanggan mencapai 657 kilometer (km). Kami terus berkomitmen untuk memperluas pemanfaatan gas bumi bagi masyarakat," ungkap Sabaruddin.

Sumber referensi:
https://id.wikipedia.org/wiki/Perusahaan_Gas_Negara
http://www.dream.co.id/dinar/pakai-gas-bumi-pengusaha-umkm-kuliner-hemat-jutaan-rupiah-160218p.html

Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs Si-Nergi.

Comments

  1. saya sangat berterima kasih banyak MBAH RAWA GUMPALA atas bantuan pesugihan dana ghaib nya kini kehidupan kami sekeluarga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,ternyata apa yang tertulis didalam blok MBAH RAWA GUMPALA itu semuanya benar benar terbukti dan saya adalah salah satunya orang yang sudah membuktikannya sendiri,usaha yang dulunya bangkrut kini alhamdulillah sekaran sudah mulai bangkit lagi itu semua berkat bantuan beliau,saya tidak pernah menyangka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan kami sekeluarga tidak akan pernah melupakan kebaikan MBAH,,bagi anda yang ingin dibantu sama MBAH RAWA GUMPALA silahkan hubungi MBAH di 085 316 106 111 insya allah beliau akan membantu anda dengan senang hati,pesugihan ini tanpa resiko apapun dan untuk lebih jelasnya buka saja blok mbah PESUGIHAN PUTIH UANG GHAIB

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Keadaan Lingkungan Saat Ini

Potensi Gas Alam

Kepedulian BUMN untuk Warga Bengkulu