Peresmian 3 Proyek Infrastruktur Gas Bumi di Batam


Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said meresmikan tiga proyek infrastruktur gas bumi milik PT. Perusahaan Gas Negara (PGN) yang ada di Batam, Bogor, dan Tangerang. Peresmian dilaksanakan di Batam, Kepulauan Riau pada Jumat, 30 Januari lalu.


Peresmian ini dihadiri oleh Direktur Utama PGN Hendi Prio Santoso, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said, Gubernur Kepulauan Riau H. Muhamad Sani, Walikota Tangerang, para pimpinan dan staf SDM, para pimpinan dan staf BPH MIGAS, para rekan direksi PGN dan mitra PGN.

3 proyek infrastruktur gas bumi yang diresmikan yaitu:
- Distribusi gas bumi Panaran-Tanjung Uncang, di Batam, sepanjang 18 km. Pipa yang mampu mengalirkan gas yang akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan sektor industri, rumah tangga, komersial dan pembangkit listrik.
- Jaringan gas (jargas) untuk rumah tangga di Bogor.
- Jaringan gas (jargas) untuk rumah tangga di Tangerang.

Dirut PGN, Hendri Prio Santoso mengatakan bahwa ia berharap peresmian 3 proyek PGN ini menjadi hal positif yang mendukung usaha pemerintah untuk mengkonversi energi ke gas bumi sehingga mendukung kebutuhan gas bumi ke berbagai sektor.

Hendi juga mengucapkan terima kasih atas dukungan pemerintah pusat dan daerah serta Kementerian ESDM untuk terus memperluas dan meningkatkan pemanfaatan gas bumi di tanah air. Sebagai BUMN gas bumi, PGN akan terus melakukan inisiatif dan inovasi untuk memastikan bahwa energi baik ini dapat menjangkau lebih banyak wilayah di Indonesia.

Hendi mengemukakan, proyek-proyek yang diresmikan oleh Menteri ESDM memiliki peranan penting dan manfaat yang besar di daerah masing-masing. Proyek Panaran – Tanjung Uncang akan memperluas jalur distribusi gas di wilayah Batam. Kehadiran jaringan pipa distribusi ini akan memungkinkan jumlah pelanggan PGN terus meningkat. Sementara proyek Jargas di Bogor dan Tangerang untuk memperluas penggunaan gas bumi bagi rumah tangga.

Menteri ESDM, Sudriman Said mengemukan, pembangunan infrastruktur gas bumi merupakan salah satu kunci terwujudnya program konversi energi ke gas bumi dan penguatan kemandirian energi di dalam negeri. Melalui pembangunan infrastruktur gas bumi diharapkan sumber energi semakin terdiversifikasi.


Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs Si-Nergi

Comments

Popular posts from this blog

PGN Terus Sebarkan Energi Baik Gas Bumi ke Penjuru Tanah Air

5 Objek Wisata Tercantik di Raja Ampat

Wisata alam Dieng