4 Hutan Pinus Terkeren di Indonesia

Keuangan kamu lagi bagus? Sebentar lagi wakutnya liburan. Manfaatkanlah waktumu untuk refreshing dan mengunjungi tempat wisata yang unik dan instagramable. Berikut adalah 4 hutan pinus yang dapat kamu pilih untuk menjadi tempat menghabiskan liburan. 

1. Hutan Pinus Gunung Pancar, Bogor


Gunung Pancar merupakan sebuah gunung dengan ketinggian kurang lebih 800 meter diatas permukaan laut. Gunung ini terletak di Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor. Fasilitas yang terdapat di tempat wisata ini, antara lain: pemandian air panas, tampat berolahraga seperti, bersepeda, berkuda, dan mendaki gunung. Selain itu, di tempat ini juga terdapat makam keramat, dan pergelaran kesenian tradisional daerah.

Selain gunung, di tempat ini juga terdapat banyak pohon pinus. Hutan ini dipenuhi pohon pinus yang tinggi-tinggi. Tiket masuk Gunung Pancar adalah sekitar Rp 7.500 sampai Rp 15.000. Selain pemandangannya yang indah, salah satu kespesialan tempat wisata ini adalah terdapatnya pemandian air panas. Ada juga kolam pemandian umum terbuka dan kamar mandi khusus. Untuk tiket masuk air panas Gunung Pancar, dikenakan biaya tiket sebesar Rp 25.000 untuk setiap orangnya.

2. Hutan Pinus Mangunan, Yogyakarta


Hutan Pinus ini berlokasi di  Desa Mangunan, Dlingo, Bantul, Yogyakarta, sekitar 23 kilometer dari pusat kota. Keunikan Hutan Pinus ini terletak pada bangku-bangku yang didesain setengah lingkaran menghadap ke panggung. Apabila ingin mengunjungi tempat ini, sebaiknya datanglah pada weekdays agar kamu dapat leluasa foto-foto karena tidak terlalu ramai. Sebagai salah satu spot wisata yang populer di Yogyakarta, tempat ini sangat ramai saat weekend.

3. Hutan Pinus Malino, Makassar



Hutan pinus ini terletak di Tinggimoncong, Gowa, Sulawesi Selatan. Hutan ini berlokasi di ketinggian 1000 meter diatas permukaan laut membuat tempat wisata ini udaranya menjadi sejuk. Suhu di lokasi tempat ini adalah sekitar 10 sampai 26 derajat celcius. Tiket masuk ke hutan pinus ini pun sangat ekonomis yakni Rp 3.000.

Di tempat ini juga terdapat tumbuhan edelweiss, pohon turi yang bunganya berwarna oranye, dan bunga masamba yang berubah warna setiap bulan. Di sebelah hutan pinus ini pun terdapat banyak objek wisata lain yang tidak kalah menarik, yakni pemandian Lembah Biru, Air Terjun Seribu Tangga dan Air Terjun Takapala.

4. Pine Forest Camp, Bandung


Pine Forest Camp berlokasi di Suntenjaya, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.  Pine Forest Camp merupakan tempat camp yang berada hutan pinus dengan luas 4 hektar. Fasilitas yang ada di tempat  ini adalah outbond, tracking, management training, aerobik dan lain-lain. Tempat ini cocok sekali untuk dijadikan tempat gathering kantor atau gathering komunitas.


Karena keindahannya, tempat ini seringkali dijadikan tempat untuk pernikahan outdoor. Kita juga dapat menginap di tempat ini. Untuk satu malam berkemah dikenakan biaya sekitar Rp. 110.000 per orang untuk setiap malamnya dengan minimum pemesanan untuk 40 orang. Jika kamu tidak ingin bermalam di tenda, kamu bisa menyewa Country House dengan harga Rp. 2.500.000 per malam yang dapat diisi untuk 24 orang.



Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs jadimandiri.org

Comments

Popular posts from this blog

Keadaan Lingkungan Saat Ini

Potensi Gas Alam

Kepedulian BUMN untuk Warga Bengkulu