5 Tips Mengatur Keuangan saat Mudik


1. Buat anggaran dan bagilah menjadi beberapa pos
Sebelum mudik, buatlah terlebih dahulu anggaran biayanya. Kamu dapat memakai anggaran dana tahun lalu sebagai salah satu referensi. Lalu bagilah anggaran tersebut ke dalam beberapa pos sehingga lebih teratur dan jelas. Berikut adalah beberapa pos yang dapat kamu buat:

Pos transportasi
Apabila kamu memakai transportasi seperti kereta atau pesawat sebaiknya beli dari jauh-jauh hari karena harga tiketnya akan lebih murah. Rajin-rajinlah untuk mencari tiket promo karena kita akan mendapatkan harga yang spesial. Untuk yang mudik dengan menggunakan mobil, kecilkan AC atau matikan AC bila tidak digunakan karena hal ini akan membantu untuk menghemat bensin. Jangan terlalu banyak menaruh barang di mobil dan tidak terlalu sering berhenti (mematikan - menghidupkan mesin) juga membantu untuk menghemat bensin.

Pos untuk rekreasi
Estimasikan berapa biaya yang dibutuhkan untuk rekreasi. Lokasi wisata dapat menjadi penentu biaya yang dikeluarkan, jadi pastikan tempat mana yang akan kamu kunjungi. Selain itu, hitung juga berapa orang yang akan ikut ke tempat wisata. Biasanya ketika keluargamu berjalan-jalan, saudara lain juga akan ikut serta, jadi hitung juga biaya tambahan yang mungkin dikeluarkan.

Pos hadiah / angpao
Anggaran ini diperuntukan untuk sanak keluarga yang ada di kampung halaman. Anggaran ini dapat berupa hadiah atau uang tunai. Hitaung berapa jumlah orang yang akan diberi hadiah / angpao. Dan prioritaskan untuk memberi kepada yang membutuhkan. Pemberian uang tunai dapat dimasukkan ke dalam amplop dan masing-masing diberi nama. Persiapkankan lah dari rumah sehingga nanti tidak kerepotan bila sampai disana.

Pos oleh-oleh
Anggaran ini tidak wajib, tapi sudah menjadi kebiasaan untuk memberikan oleh-oleh khas kampung halaman untuk teman / tetangga. Hitunglah jumlah orang yang akan diberikan oleh-oleh beserta dengan perkiraan harganya sehingga kita jadi tahu berapa dana yang harus dikeluarkan.



2. Belanja dengan hemat
Membeli pakaian baru untuk lebaran memang menjadi tradisi yang turun temurun. Tidak ada salahnya untuk membeli pakaian baru tetapi pastikan kita membeli dengan cermat. Bandingkan harga pakaian yang ingin kita beli pada berbagai toko dan pastikan juga kualitasnya. Jangan kita membeli barang tersebut karena murah tetapi ternyata kualitasnya tidak bagus. Membeli barang diskon juga ide yang baik tapi pastikan kita jangan jadi lapar mata karena melihat diskon yang besar.



3. Buat tabungan khusus untuk mudik
Sebaiknya kita menabung untuk mudik, sehingga kita tidak hanya mengandalkan uang Tunjangan Hari Raya (THR) untuk mudik. Kita dapat menabung beberapa bulan sebelum mudik, dan hendaknya kita konsisten untuk menabung dalam setiap bulannya. Sisihkan sebagian dari gaji kita untuk menabung. Sebisa mungkin jangan memakai gaji bulanan untuk biaya mudik dikarenakan keuangan bulanan kita dapat terganggu.


4. Bawalah uang tunai secukupnya
Cara ini cukup membantu kamu untuk mengatur keuangan. Saat membawa uang tunai banyak, kamu akan lebih tergiur untuk membeli sesuatu. Walaupun membawa kartu ATM, setidaknya keinginan untuk membeli ini itu akan lebih sedikit. Kartu ATM sebaiknya tetap dibawa karena mungkin dibutuhkan untuk sesuatu yang tidak terduga. Cukup yang dimaksud adalah sesuai dengan kebutuhan yang telah dianggarkan.

5. Siapkan dana tak terduga
Seringkali banyak pengeluaran yang tidak terduga saat mudik, sehingga sangat penting untuk menyediakan dana untuk hal tersebut. Sisihkan minimal 10% dari biaya mudik berupa uang tunai untuk mengantisipasi terjadinya kejadian mendadak yang berkaitan dengan perjalanan mudik



Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs jadimandiri.org

Comments

Popular posts from this blog

Keadaan Lingkungan Saat Ini

Potensi Gas Alam

Kepedulian BUMN untuk Warga Bengkulu