7 Tips agar Tidurmu menjadi Berkualitas


Apakah kamu sering merasa kurang produktif di tempat kerja? Mungkin kurang tidur adalah jawabannya. Tidur merupakan kebutuhan dasar semua manusia. Tidur yang tidak teratur dan tidak cukup bisa menyebabkan hidup menjadi tidak produktif bahkan menyebabkan gangguan kesehatan. Berikut adalah beberapa cara agar tidurmu menjadi berkualitas:

1. Olahraga pada pagi hari.
Orang yang rajin berolahraga di pagi hari akan memliki kualitas tidur yang baik. Olahragalah minimal 30 menit setiap harinya. Tidak harus olahraga berat, olahraga ringan juga cukup. Olahraga ringan yang dapat kita lakukan, antara lain: jogging dan naik turun tangga. Olahraga akan membantu meningkatkan produktivitas kita dan mengurangi stress.


2. Tidurlah pada siang hari.
Penelitian menunjukkan tidur siang dapat membuat kita lebih fokus, produktif, dan kreatif. Banyak sekali manfaat yang kita dapat dari tidur siang, antara lain: meningkatkan daya ingat otak, mengurangi stress, meningkatkan kreativitas, dan meningkatkan mood. Tidur siang yang efektif adalah kurang dari 30 menit dan dilakukan pada jam 1 sampai jam 3 siang.  

3. Hindari kafein dan alkohol sebelum tidur.


Kandungan kafein yang terdapat dalam minuman dapat membuat tubuh kita terus terjaga. Kafein merupakan salah satu jenis stimulan yang bekerja sebagai adenosine receptor antagonist. Adenosine merupakan sebuah senyawa yang membuat kita mengantuk. Kafein menghambat kerja adenosine receptor dalam tubuh kita sehingga membuat kita terhindar dari rasa kantuk.




Alkohol dapat mengganggu pola tidur dan gelombang otak yang membuat kita merasa segar ketika kita bangun di pagi hari. Orang yang terbiasa minum alkohol akan mengalami gangguan waktu tidur yang menyebabkan kualitas tidurnya menjadi rendah.



4. Matikan gadget sebelum tidur
Handphone merupakan media untuk berkomunikasi. Notifikasi dari chat atau bahkan hanya sekedar notifikasi dari game atau aplikasi bisa saja muncul saat kamu tidur. Sebaiknya kamu mematikan handphonemu dan gadget lainnya sebelum tidur. Suara dan getar yang timbul dari notifikasi HPmu dapat membuatmu menjadi bangun kembali.

5. Matikan lampu.
Beberapa orang tidur dengan lampu tetap menyala. Tidur yang baik adalah dengan mematikan lampu karena cahaya lampu dapat menggangu tidur kita. Bahkan cahaya kecil dari handphone atau komputer sekalipun dapat mengganggu produksi melatonin bagi tubuh kita. Melatonin adalah hormon yang membantu kita agar mengantuk dan menjadi cepat tidur.

6. Tidurlah di waktu yang sama untuk setiap malam.
Biasakan untuk tidur di jam yang sama untuk setiap malamnya. Misalnya tidur dari jam 10 malam hingga jam 5 pagi. Tidur di jam yang sama akan membantu kita bangun di jam yang sama juga. Ini membuat kita terbiasa mandiri bangun pagi tanpa alarm. Tidur teratur yang dilakukan secara rutin akan membuat tidur kita menjadi berkualitas. Pastikan saat libur pun kita tetap tidur sesuai dengan jadwal biasa kita tidur.


7. Tidurlah yang cukup.
Durasi tidur normal yang efektif adalah sekitar 6 sampai 8 jam. Sebenarnya lamanya kebutuhan tidur setiap orang tidak sama, tetapi tergantung usianya. Berikut adalah waktu tidur ideal sesuai dengan umur:

Bayi usia 0-3 bulan                : 14 hingga 17 jam per hari
Bayi usia 4-11 bulan              : 12 hingga 15 jam per hari
Balita usia 1-2 tahun              : 11 hingga 14 jam per hari
Anak usia 3-5 tahun               : 10 hingga 13 jam per hari
Anak usia 6-13 tahun             : 9 hingga 11 jam per hari
Remaja usia 14-17 tahun       : 8 hingga 10 jam per hari
Remaja usia 18-25 tahun       : 7 hingga 9 jam per hari
Dewasa usia 26-64 tahun      : 7 hingga 9 jam per hari
Usia 65 tahun ke atas             : 7 hingga 8 jam per hari 



Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs jadimandiri.org

Comments

Popular posts from this blog

Keadaan Lingkungan Saat Ini

Potensi Gas Alam

Kas dan Setara Kas