Olahraga Mudah nan Murah

Menjadi produktif memerlukan tubuh yang sehat dan bugar. Cara termudah untuk mendapatkannya adalah dengan melakukan olahraga di pagi hari. Olahraga di pagi hari terbukti sangat bermanfaat bagi keseharian kita. Selain menjaga agar tubuh tetap bugar, Aktivitas fisik dapat melepas hormone endorphin yang membuat tubuh dan pikiran lebih bahagia. Jika anda berolahraga selama 20 menit di pagi hari dan berkeringat, endorphin memberikan dorongan ekstra yang memberikan sikap yang benar dan kemampuan fisik untuk mengatasi tantangan hari itu.


Namun, sebagian besar dari kita cenderung sudah terlalu lelah dengan aktifitas sehari-harinya dan mengesampingkan pentingnya olahraga. Selain itu ada pula yang terhambat oleh masalah keuangan, biaya yang besar untuk membeli berbagai peralatan olahraga dan menyewa tempat semakin membuat kita enggan berolahraga.

Lalu, adakah olahraga sederhana yang mudah, murah, dapat dilakukan dimana saja  tetapi tetap berguna menyehatkan tubuh kita? Berikut 5 olahraga sederhana yang mudah, murah namun sangat menyehatkan.

1. Berjalan Kaki
Olahraga sederhana yang dapat kita lakukan yaitu berjalan kaki. Ini merupakan salah satu olahraga paling sederhana yang dapat anda lakukan setiap harinya. Luangkan waktu anda sejenak setiap pagi untuk berjalan kaki atau jika jarak sekolah maupun tempat anda bekerja cukup dekat, anda dapat berjalan kaki untuk mencapai sekolah atau tempat anda bekerja. Jika jaraknya jauh anda dapat berjalan kaki di halaman rumah maupun sekitar kompleks. Untuk olahraga ini anda juga tidak membutuhkan biaya yang besar, hanya cukup siapkan sebuah sepatu yang nyaman saja.


Nyatanya olahraga sederhana ini memiliki manfaat yang besar bagi diri anda. Dengan berjalan kaki di pagi hari secara rutin anda akan memiliki peredaran darah yang lancar, Hal ini juga meningkatkan semangat anda untuk menjalankan aktivitas selanjutnya. Selain itu berjalan kaki dapat menjadikan jantung anda sehat, Jalan kaki di pagi hari dapat melancarkan kinerja jantung sehingga jantung Anda lebih sehat dan optimal dalam memompa darah ke seluruh tubuh. Dan pastinya akan membakar kalori anda, sangat cocok untuk anda yang sedang berdiet

2. Yoga
Olahraga sederhana yang kedua yaitu yoga. Yoga adalah salah satu olahraga yang tidak sulit anda lakukan dan cukup populer khususnya bagi para kaum hawa. Yoga merupakan olahraga yang cukup ringan, mudah serta murah anda hanya perlu menyiapkan selembar matras untuk melakukannya. Anda bisa meluangkan sedikit waktu di pagi untuk melakukan jenis olahraga yang satu ini. Yoga sangat baik untuk massa otot anda dan juga membakar kalori dalam tubuh anda. Selain mendorong kesehatan jasmani, yoga juga menyehatkan anda secara rohani.


Sebuah penelitian dalam Journal of Alternative and Complimentary Medicine menemukan bahwa melakukan yoga selama 30 menit sehari bisa meningkatkan mood, fokus bekerja, dan menurunkan stres. Peneliti percaya bahwa teknik pernapasan ala yoga bisa menurunkan detak jantung dan menenangkan sistem saraf sehingga sangat bermanfaat untuk kesehatan mental.

3. Push Up & Sit Up
Olahraga sederhana selanjutnya adalah push up dan sit up. Olahraga ini tidak terlalu banyak menyita waktu anda, dan dapat anda lakukan disela-sela aktifitas anda setiap hari. Anda hanya perlu waktu kira-kira 10 menit untuk melakukan olahraga ini. Selain mudah olahraga ini juga sangat murah sebab anda tidak memerlukan peralatan khusus apapun.


Push up dan sit up sangat digemari oleh anak muda, baik pria maupun wanita. Pasalnya olahraga ini dapat membakar kalori tubuh anda dan membuat tubuh anda bugar serta mampu membentuk tubuh anda. Dengan push up anda dapat meningkatkan massa tulang dan meningkatkan kekuatan otot. Sedangkan sit up membantu anda mengecilkan perut yang buncit.

4. Senam

Senam juga dapat dikategorikan kedalam olahraga yang sangat mudah dan murah untuk anda lakukan setiap harinya. Olahraga ini juga menyenangkan jika didalam prosesnya diiringi alunan musik. Olahraga ini juga dapat dilakukan semua orang di berbagai jenjang umur, mulai dari anak-anak hingga lansia. Manfaatnya sangat baik untuk kesehatan tubuh anda, dan menjaga kebugaran tubuh dan kelenturan otot anda setiap harinya.

5. Lompat Tali


Olahraga sederhana yang kellima yaitu lompat tali. Olahraga ini juga sangat mudah dilakukan setiap orang di berbagai jenjang umur. Anda dapat melakukannya setiap pagi menjelang aktifitas padat anda setiap harinya. Selain itu lompat tali juga merupakan olahraga yang menyenangkan, anda dapat mengajarkannya pada anak anda sembari bermain bersamanya. Baiknya lagi olahraga ini sangat murah, anda hanya perlu membeli sebuah jump rope. Manfaatnya juga sangat baik untuk menjaga kondisi dan kesehatan serta kebugaran tubuh anda. Olahraga lompat tali juga cocok dilakukan untuk anda yang sedang diet atau ingin tumbuh tinggi.

Diharapkan setelah membaca artikel ini anda dapat termotivasi untuk berolahraga rutin setiap pagi. Memang bukan perkara mudah untuk bangun di pagi hari dan melakukan aktivitas olehraga. Namun apa yang anda lakukan semata-mata untuk kebaikan diri anda sendiri. Dengan niat dan motivasi untuk hidup sehat dan produktif, olahraga di pagi hari pasti dapat dijadikan kebiasaan yang baik bagi anda.


Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs jadimandiri.org

Comments

Popular posts from this blog

Wisata alam Dieng

PGN Terus Sebarkan Energi Baik Gas Bumi ke Penjuru Tanah Air

5 Objek Wisata Tercantik di Raja Ampat