PGN Peduli Kelestarian Lingkungan

PT Perusahaan Gas Negara (PGN) begitu peduli akan kelestarian lingkungan, sebagai bentuk kepeduliannya terhadap lingkungan dan juga sekaligus untuk memperingati hari lingkungan hidup sedunia yang jatuh pada 5 Juni, PGN melakukan beberapa aktivitas berikut:

1. Kasongan Art Festival (KAF) III, Yogyakarta

PT Perusahaan Gas Negara (PGN) turut merayakan hari lingkungan hidup sedunia dengan berpartisipasi melakukan penghijauan lingkungan di seluruh wilayah Indonesia dengan turut melakukan penanaman bibit pohon pada acara Kasongan Art Festival (KAF) III 2013 di kawasan Desa Kasongan, Yogyakarta.

Direktur Keuangan PGN, M. Riza Pahlevi dalam siaran pers menjelaskan: "Penanaman bibit pohon yang kami lakukan di kegiatan KAF III 2013 ini merupakan salah satu bentuk kepedulian PGN melalui program energi baik kami yaitu Mitra Binaan PGN untuk Negeri dengan melakukan penghijauan untuk mengurangi emisi,"
Jenis bibit pohon yang ditanam adalah tanaman jenis keras seperti Jati, Jinitri, Albasia, Damar, Kelengkeng, Jambu, Rambutan, dan lain-lain dengan ukuran 70-100 cm dengan total sebanyak 10.000 bibit, BIbit-bibit ditanam pada hari itu berasal dari Panitia KAF dan bantuan PGN.

2. Area Distribusi III, Medan
PT Perusahaan Gas Negara (PGN) bergabung dengan Rumah Zakat dalam ‘Program Penanaman dan Pemeliharaan 10.000 Mangrove’. Program ini merupakan program pelestarian lingkungan berupa budidaya mangrove dari mulai pembibitan, penanaman, serta perawatan pohon di sekitar masyarakat khususnya lingkungan II, II, XVIII dan XIX Kelurahan Belawan Sicanang kecamatan Medan belawan.

Program Penanaman mangrove ini dilakukan secara bertahap dengan jumlah total 10.000 batang mangrove. Berikut adalah rinciannya:
- Penanaman pertama sebanyak 1000 pohon di sepanjang garis sungai yang berdekatan dengan pipa PGN
- Penanaman ke dua sebanyak 1000 pohon di wilayah pengaturan tekanan PGN Belawan sicanang medan.
- Penanaman ketiga sebanyak 2000 pohon di lingkungan XIX tepat didepan Masjid Al-hidayah
- Penanaman ke empat sebanyak 6000 batang di lingkungan X kelurahan labuhan deli kecamatan medan marelan, disepanjang lokasi penanaman terahir ini terdapat pipa gas PGN.


Direktur Perencanaan Investasi dan Manajemen Risiko M Wahid Sutopo mengatakan, PGN sendiri telah lama berkomitmen untuk mengembangkan gas sebagai salah satu sumber energi. Dengan memanfaatkan gas bumi sebagai sumber energi, maka akan ikut menjaga kelestarian lingkungan. "Dampak lingkungan yang ditimbulkan dalam pemanfaatan gas bumi sebagai sumber energi relatif kecil dan biayanya yang jauh lebih murah daripada memanfaatkan minyak bumi," katanya.


Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs Si-Nergi 

Link referensi:
http://www.beritasatu.com/lingkungan/156083-peduli-lingkungan-pgn-tanam-bibit-pohon-di-desa-kasongan.html
https://www.rumahzakat.org/program-penanaman-dan-pemeliharaan-10-000-pohon-mangrove-pgn-area-distribusi-iii-medan/

Comments

Popular posts from this blog

PGN Terus Sebarkan Energi Baik Gas Bumi ke Penjuru Tanah Air

5 Objek Wisata Tercantik di Raja Ampat

Wisata alam Dieng