Kesehatan dan Keselamatan Kerja PGN


PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) adalah sebuah BUMN yang bergerak di bidang transmisi dan distribusi gas bumi. Gas alam atau yang sering disebut dengan gas bumi atau adalah bahan bakar fosil terbentuk dari berbagai macam hewan, tumbuhan dan mikroorganisme yang telah mati dan tertimbun di dalam lapisan tanah dengan rentan waktu yang cukup lama, dengan adanya tekanan dan temperatur yang tinggi di dalam lapisan bumi membuat ikatan karbon pada timbunan organik tersebut terlepas, sehingga berubah menjadi gelembung-gelembung gas.

Gas alam sangat mudah terbakar, sehingga PGN memprioritaskan kesehatan dan keselamatan kerja. Perusahaan melakukan penerapan standar keamanan yang ketat dalam semua aspek bisnis. Sebelum 2009, keselamatan dan kesehatan kerja dilaksanakan sebagai sistem terpusat di kantor pusat melalui divisi dan layanan struktur. Sedangkan pada tahun 2009, digantikan oleh Komite, yang dipimpin oleh Presiden Direktur sendiri. Di bawah pengawasan keselamatan dan kesehatan dan lingkungan manajemen (OSH & EM) komite, kegiatan keselamatan dan kesehatan tidak lagi tanggung jawab kantor pusat tetapi melibatkan semua karyawan di daerah masing-masing sehingga lebih efektif.

PGN bekerja dengan konsultan keamanan kelas dunia untuk merumuskan roadmap untuk roll-out berkelanjutan dan pelaksanaan keselamatan di perusahaan. Dengan kerjasama dari seluruh perusahaan, dari tingkat direktur hingga ke tingkat karyawan, PGN menerapkan keselamatan menjadi bagian dari perilaku sehari-hari. 

PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) meraih penghargaan internasional ASEAN Occupational Safety and Health Network (ASEAN-OSHNET). Penghargaan ini berhasil diraih dalam 3 tahun berturut-turut, dari tahun 2013 hingga 2015 karena tidak pernah terjadi kecelakaan kerja sama sekali. Penghargaan tersebut diterima pada acara 1st ASEAN-OSHNET Awards Ceremony and 3rd ASEAN-OSHNET Conference, di Hotel Royal Lotus, Da Nang, Vietnam pada Rabu 27/4/2016 oleh Deputy Minister of Labour, War Invalids and Social Affair, Vietnam, Doan Mau Diep.

ASEAN-OSHNET merupakan program ILO (Internasional Labour Organization) untuk peningkatan kondisi kerja dan Lingkungan atau programme for the improvement of working condition and environment (PIACT), yang diluncurkan pada 1976.


Sumber referensi:
https://id.wikipedia.org/wiki/Perusahaan_Gas_Negara
https://id.wikipedia.org/wiki/Gas_alam
http://www.republika.co.id/berita/ekonomi/energi/16/04/28/o6c1yu383-pgn-raih-penghargaan-aseanoshnet
http://finance.detik.com/read/2016/04/28/135822/3198863/1034/pgn-raih-penghargaan-asean-oshnet-di-vietnam


Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs Si-Nergi.


Comments

Popular posts from this blog

Keadaan Lingkungan Saat Ini

Potensi Gas Alam

Kepedulian BUMN untuk Warga Bengkulu