Potensi Energi Panas Bumi di Indonesia


Geothermal energy atau energi panas bumi berasal dari bahasa Yunani “Geo” yang  berarti “bumi” dan ‘therm‘ yang berarti kalor atau panas sehingga dapat diartikan energi thermal (panas) yang dihasilkan dan disimpan di dalam bumi. Geothermal energy dihasilkan dari aktivitas tektonik yang terjadi di dalam bumi. Selain itu, berasal dari panas matahari yang diserap oleh permukaan bumi.

Geothermal energy atau energi panas bumi merupakan salah satu sumber energi yang melimpah, ramah lingkungan, dan sustainabel untuk dapat mendukung pembangunan rendah karbon. Indonesia sendiri menjadi negara dengan kandungan panas bumi yang besar, yaitu 40% potensi panas bumi dunia terdapat di Indonesia. Tetapi, besarnya potensi panas bumi di Indonesia tersebut belum dimanfaatkan secara maksimal.



Pemanfaatan energi panas bumi diyakini menjadi salah satu sumber energi alternatif. Banyak sekali keunggulan yang dihasilkan oleh energi bumi, antara lain:
1. Panas bumi merupakan salah satu sumber energi terbersih. 
2. Merupakan jenis energi terbarukan yang relatif tidak akan habis. 
3. Ramah lingkungan yang tidak menyebabkan pencemaran (baik pencemaran udara, pencemaran suara, serta tidak menghasilkan emisi karbon dan tidak menghasilkan gas, cairan, maupun meterial beracun lainnya). 
4. Dibandingkan dengan energi alternatif lainnya seperti tenaga surya dan angin, sumber energi ini bersifat konstan sepanjang musim.





Indonesia memiliki potensi energi panas bumi (geothermal) yang besar, sekitar 40% dari seluruh dunia atau setara dengan 28.994 MWe (megawatt listrik). Mereka tersebar di 251 lokasi, diantaranya: Sumatera, Jawa, Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua bagian Barat. Sedangkan baru sekitar 4% yang telah dimanfaatkan. Sangat disayangkan apabila panas bumi yang sedemikian besarnya, tidak dimanfaatkan dengan baik. 
Sumber Refernsi:
http://www.esdm.go.id/berita/panas-bumi/45-panasbumi/6812-pemanfaatan-panas-bumi-indonesia-tiga-besar-di-dunia.html
https://alamendah.org/2014/10/14/energi-panas-bumi-geothermal-energy-di-indonesia/


Tulisan ini disumbangkan untuk menjadi artikel di situs Si-Nergi

Comments

Popular posts from this blog

Keadaan Lingkungan Saat Ini

Potensi Gas Alam

Kas dan Setara Kas