PGN berhasil mendapat penghargaan ASEAN-OSHNET


PGN berhasil mendapatkan penghargaan dari ASEAN-OSHNET pada Rabu, 27 April 2016. ASEAN Occupational Safety and Health Network (ASEAN-OSHNET) merupakan salah satu kerjasama negara anggota ASEAN di bidang ketenagakerjaan. Pada bulan Agustus 2000 dibentuk pusat pelatihan dan informasi mengenai perbaikan lingkungan kerja, yang kemudian dikenal dengan ASEAN Occupational Safety on Health Network (ASEAN OSHNET). ASEAN-OSHNET memiliki visi-misi untuk meningkatkandaya saing dan kompetensi tenaga kerja ASEAN.

Awal pembentukan kerjasama ini adalah dari Program ILO (Internasional Labour Organization) untuk peningkatan kondisi kerja dan Lingkungan (Programme for the Improvement of Working Condition and Environment (PIACT), yang diluncurkan pada tahun 1976.

Pada hari Rabu, 27 April 2016 telah diselenggarakan 1st ASEAN-OSHNET Awards Ceremony and 3rd ASEAN-OSHNET Conference, di Hotel Royal Lotus, Da Nang, Vietnam. Dimana acara ini bertujuan untuk memberikan penghargaan kepada perusahaan yang dinilai memiliki dan telah menerapkan standar keselamatan kerja terbaik di ASEAN.

Penghargaan tersebut diberikan kepada PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) secara langsung oleh Deputy Minister of Labour, War Invalids and Social Affair (MoLISA) Vietnam, Doan Mau Diep penghargaan ini pantas diterima PGN Karena selama 3 tahun berturut-turut yaitu tahun 2013 hingga 2015 PGN tidak pernah mengalami kecelakaan kerja (zero incident).

Sekretaris Perusahaan PGN, Heri Yusup, mengatakan bahwa "Dalam setiap kegiatan pekerjaan kami mengedepankan Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Sehingga tidak terjadi kecelakaan atau zero incident,". Ia juga menambahkan bahwa dalam waktu dekat PGN juga akan menerima penghargaan dari Kementrian Ketenagakerjaan RI, karena aktif menyelenggarakan Program Pencegahan dan Penanggulangan HIV-AIDS (P2HIV-AIDS) di tempat kerja sejak 2014-2015.

Berbagai penghargaan yang telah PGN menunjukan kualitasnya sebagai perusahaan yang sangat menjaga keselamatan dan kesejahtaraan pekerjanya. PGN yang bergerak dalam pengolahan dan pendistribusian gas alam yang berbahaya dan mudah terbakar, dapat tetap menjaga keselamatan pekerjanya. Hal ini dapat tercapai tentunya dengan penerapan standar keselamatan yang tinggi dan juga disiplin dari para pekerja, sehingga kecelakaan dapat terhindarkan.


Sumber Referensi:


Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs Si-Nergi.

Comments

Popular posts from this blog

Keadaan Lingkungan Saat Ini

Potensi Gas Alam

Kepedulian BUMN untuk Warga Bengkulu