5 Tempat Wisata Hits di Yogyakarta

Daerah Istimewa Yogyakarta atau yang dikenal dengan Jogja memang menjadi kota wisata dari dahulu. Walau pun pernah mengunjungi kota itu rasanya tetap ingi pergi kesana. Pengen berwisata ke Yogyakarta tetapi tidak ingin ke spot liburan yang biasa-biasa saja? Yuk jadi mandiri dengan browsing sendiri di internet dan menanyakan kepada teman untuk mendapatkan tempattempat terbaik. Berikut adalah 5 tempat seru untuk di kunjungi selama di Yogyakarta yang asik dikunjungi walau sendiri (belajar jadi mandiri):


1. Kalibiru
Kalibiru merupakan tempat wisata alam yang berada di daerah kabupaten Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempat wisata ini memiliki tanah bergelombang dan dominan oleh perbukitan dalam area hutan lindung. Wisata Alam yang bertemakan Hutan Kemasyarakatan Kalibiru berada di Perbukitan Menoreh Kulon Progo Yogyakarta berada pada ketinggian 450 mdpl. Hutan tersebut dikelola masyarakat.

Kita dapat berfoto dengan pemandangan yang indah dengan membayar mulai dari Rp 20.000. Kita naik ke atas pohon dengan tangga yang telah disediakan, dan akan diambil foto dari pohon yang telah dimodifikasi tersebut. Hasilnya sangat indah karena foto yang diambil dari posisi yang tinggu sehingga terlihat pemandangan danau dan pepohonan dengan jelas.



2. Pantai Glagah
Pantai Glagah merupakan pantai paling terkenal di Kulon Progo. Pemecah ombak yang berbentuk tetrapod, yang berada di sisi kanan dan kiri dermaga menjadi pusat perhatian tersendiri. Waktu yang bagus untuk mengunjungi Pantai Glagah adalah ketika bulan baru dan air laut pasang. Pada saat itu, kita dapat melihat ombak akan menggulung-gulung hebat, pecah karena menghantam tetrapod dan percikannya terhambur hingga ke dermaga.



3. Mangrove Jembatan Api Api
Hutan Mangrove ini berlokasi di daerah Jangkaran, Kulonprogo, Jogja. Lokasinya sangat dekat dengan perbatasan Kabupaten Purworejo. Pintu masuk menuju Kawasan Wisata Hutan Mangrove ini ada di Jalan Daendels, dengan jarak kurang lebih 300 meter sebelah barat jembatan Congot.

Fasilitas yang terdapat di tempat ini adalah jembatan dari bamboo. Di beberapa tempat terdapat spot-spot untuk narsis/selfie yang sangat hits dan seringkali muncul di Instagram. Berbagai tempat spot mulai dari yang berbentuk kotak dengan tulisan, berbentuk hati, berbentuk gitar dan juga aja tempat gembok cinta seperti yang ada di Korea.

4. Taman Pelangi
Untuk dapat menikmati tempat wisata ini, kita harus mengunjunginya pada malam hari. Sekita jam 6 tempat wisata ini telah dibuka namun belum Nampak cukup indah karena lampu-lampu di taman belum memancar dengan terang. Taman Pelangi merupakan taman yang ada di pelataran Monumen Jogja Kembali ini. Dirancang dengan bentuk mengelilingi taman, bermacam bentuk dan warna lampion menghiasi pelataran. Ada dua sisi pintu masuk, barat dan timur.

Di dalam taman, kita akan melewati rute-rute yang dipenuhi aneka lampion dengan bentuk dan warna yang berbeda mulai dari bunga-bunga, binatang-binatang, tokoh-tokoh kartun dari berbagai negara. Penempatannya pun bervariasi, ada yang seperti ditanam di dalam tanah, menempel di dinding, bergantungan di langit-langit, atau berbaris dengan rapi.


5. Museum Vredeburg

Museum Benteng Vredeburg adalah sebuah benteng yang terletak di depan Gedung Agung dan Kraton Kesultanan Yogyakarta. Saat ini, benteng ini menjadi sebuah museum. Di sejumlah bangunan di dalam benteng ini terdapat diorama mengenai sejarah Indonesia. Di dalam museum ini juga terdapat berbagai permainan-permainan digital mengenai sejarah.


Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs www.jadimandiri.org

Comments

Popular posts from this blog

Keadaan Lingkungan Saat Ini

Potensi Gas Alam

Kepedulian BUMN untuk Warga Bengkulu