Mandiri Capital Indonesia Menanamkan Modal ke Amartha


PT Mandiri Capital Indonesia (MCI) memimpin pendanaan untuk investasi startup layanan keuangan berbasis digital atau yang dikenal dengan financial technology (fintech) ke Amartha. PT Mandiri Capital Indonesia (MCI) adalah perusahaan patungan atau dikenal dengan modal ventura yang dipunyai oleh Bank Mandiri. Kepemilikan Bank Mandiri di PT Mandiri Capital Indonesia (MCI) adalah sebesar 99.7% dan kepemilikan PT Mandiri Sekuritas sebesar 0.03%. PT Mandiri Capital Indonesia berfokus untuk mendukung pengembangan pengusaha perintis atau yang dikenal dengan startup.

Bank Mandiri adalah bank terbesar di Indonesia dalam hal aset, pinjaman, dan deposit. Bank Mandiri berdiri pada tanggal 2 Oktober 1998 sebagai bagian dari program restrukturisasi perbankan yang dilakukan oleh Pemerintah Indonesia. Bank Mandiri adalah gabungan empat bank milik Pemerintah yaitu, Bank Bumi Daya (BBD), Bank Dagang Negara (BDN), Bank Ekspor Impor Indonesia (Bank Exim), dan Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo). Pengabungan tersebut terjadi pada bulan Juli tahun 1999.

Bank Mandiri mempunyai anak-anak perusahaan yang mendukung perusahaan induknya, antara lain:
- Europe Limited London (BMEL)
- Mandiri International Remittance (MIR)
- Bank Syariah Mandiri
- Mandiri Sekuritas
- Bank Sinar Harapan Bali (BSHB)
- Mandiri Tunas Finance
- AXA Mandiri Financial Services
- Mandiri Investasi
- Mandiri AXA General Insurance
- Asuransi Jiwa InHealth Indonesia


Amartha adalah perusahaan startup dari PT Amartha Mikro Fintek di bidang pinjam meminjam dana atau peer to peer lending (P2P lending). P2P lending dapat digambarkan dengan sebuah perusahaan yang menghubungkan para pemberi pinjaman atau investor atau lender dengan para pencari pinjaman atau borrower menjadi satu. PT Mandiri Capital Indonesia (MCI) memilih Amartha karena memiliki tujuan yang sama yaitu ingin membantu sektor unbanked atau masyarakat yang belum tersentuh bantuan dari perbankan dan mengharapkan dapat terhubung dengan mereka secara langsung.

PT Mandiri Capital Indonesia (MCI) tidak menanam modal di Amartha sendiri, tetapi bersama-sama dengan Lynx Asia Partners, Beenext, dan Midplaza Holding. Amartha memiliki platform website agar lender (pemberi pinjaman) dapat melakukan online lender seperti mengakses informasi peminjam secara menyeluruh seperti peruntukan pembiyaan, latar belakang, hingga skor kredit yang dimiliki.



Model bisnis Amartha sangat penting bagi perekonomian di Indonesia, karena mampu memberikan solusi untuk terhubung kepada masyarakat unbanked. Amartha telah berpengalaman di segmen pembiyaan mikro selama lebih dari tujuh tahun, jaringan yang kuat di pelosok daerah dan leadership team yang tangguh. Amartha mendukung visi Bank Mandiri yaitu untuk meningkatkan inklusi keuangan ke seluruh daerah Indonesia.


Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs www.jadimandiri.org

Comments

Popular posts from this blog

Keadaan Lingkungan Saat Ini

Potensi Gas Alam

Kepedulian BUMN untuk Warga Bengkulu