5 Taman Pilihan di Jakarta

Ingin berlibur tetapi bosan apabila hanya pergi ke mal? Bosan dengan hiruk pikuk perkotaan dan ingin menikmati asrinya lingkungan hijau? Taman adalah jawabannya. Berikut adalah beberapa taman pilihan yang berlokasi di Jakarta dan cocok untuk kamu kunjungi:


1. Taman Menteng
Taman Menteng berlokasi di Jalan HOS Cokroaminoto, Menteng, Jakarta Pusat. Di dalam taman ini terdapat taman bermain untuk anak-anak, trek jogging, lapangan futsal, lapangan basket kolam ikan dan air mancur sehingga cocok dijadikan tempat rekreasi bersama keluarga maupun bersama teman. Terdapat banyak bangku taman sehingga kita dapat duduk-duduk santai di taman ini.


Taman ini mempunyai luas 30 hektar dengan 30 jenis tanaman yang berbeda didalamnya. Selain itu, tempat parkir di tempat ini cukup luas, yakni 4 lantai. Taman ini dulunya merupakan stadion dengan  nama stadion Mentang. Pada April tahun 2007, stadion tersebut diubah menjadi taman oleh Gurbenur DKI Jakarta dan Pemrov DKI Jakarta.

Taman Suropati
2. Taman Suropati
Taman Suropati berada di antara pertemuan tiga jalan utama, yakni Jalan Teuku Umar, Jalan Diponegoro, dan Jalan Imam Bonjol. Terdapat trek jogging, puluhan pohon dan air mancur di taman ini. Jenis tanaman yang ada di taman ini adalah Mahoni, Tanjung, Bungur, Sawo Kecik, Ketapang, dan Khaya. Luas taman ini sekitar 16.000 meter persegi.



Keunikan taman ini dibanding taman lainnya adalah terdapat patung-patung monumen ASEAN dan gerombolan Burung Merpati yang terbang bebas dan ada juga rumah panggungnya. Patung monumen tersebut adalah monumen Persaudaraan, monumen Perdamaian, monumen Semangat ASEAN, monument Perdamaian, Harmonis, dan Bersatu dan monumen Kelahiran Kembali.


Taman Situ Lembang
3. Taman Situ Lembang
Taman Situ Lembang berlokasi di  Jl. Lembang, Menteng, Jakarta Pusat. Di taman ini terdapat danau berbentuk oval dengan bunga teratai diatasnya. Bunga teratainya di danau ini berwarna putih dan pink. Fasilitas di taman ini, antara lain: tempat pemancingan, trek jogging, dan tempat permainan anak. Di taman ini terdapat banyak pohon rindang dan tempat duduk sehingga cocok untuk bersantai.


Taman Situ Lembang
Memancing disini tidak dikenakan biaya. Ikan yang ada di waduk ini antara lain: ikan lele dan ikan gabus. Taman ini dulunya merupakan waduk subsistem kali Cideng. Kemudian pada tahun 1984 Dinas Pertamanan merenovasi taman ini, dan menambahkan empat buah air mancur, serta arena pemancingan.
Taman Langsat
4. Taman Langsat
Taman Langsat ini berlokasi di Jalan Langsat, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Taman Langsat ini terletak di belakang Pasar Burung Barito. Taman ini mempunyai luas sekitar 3,6 hektar. Taman ini dulunya merupakan tempat penampungan bibit tanaman, namun sekarang ini telah ditambahkan fungsinya menjadi area penyuluhan pertamanan dan disediakan berbagai fasilitas untuk umum.
Taman Langsat

Fasilitas yang ada di taman ini, antara lain: bangku taman, area koleksi tanaman, trek jogging, lapangan tenis, tempat permainan anak, danau dengan tanaman teratai diatasnya, fasilitas untuk lansia. Trek jogging di tempat ini panjangnya 750 meter dengan lebar 2 meter dengan jalan berliku-liku. Apabila kita datang di pagi hari, kita dapat mendengar suara burung berkicau riang di taman ini.


5. Taman Tabebuya
Taman Tabebuya terletak di kawasan Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan, tepatnya di Jalan Moh. Kahfi. Taman ini mempunyai luas sekitar 9.500 meter persegi. Fasilitas di taman ini, antara lain: tempat permainan anak, bangku taman, gazebo dengan perpustakaan mini di dalamnya dan toilet umum. Kita juga bisa duduk-duduk atau tiduran di hamparan rumput hijau.


Pohon Tabebuya
Ada pula aliran kali berukuran kecil, dimana kita bisa bermain air dan mencari ikan. Di taman ini juga terdapat kolam air yang dipenuhi bunga teratai dengan angsa-angsa yang berenang kesana kemari. Kita juga dapat memberi makan ikan-ikan yang berada di kolam. Nama Tabebuya sendiri diambil dari nama tanaman, tanaman ini bentuknya seperti bunga sakura dengan warna pink/ungu/kuning.

Kelima taman diatas tidak dikenakan biaya masuk alias gratis sehingga tidak membuat keuangan menjadi terganggu. Taman-taman tersebut ditumbuhi pephonan yang rimbun sehingga sangat cocok dijadikan tempat berlibur/piknik. Maka dari itu, jangan lupa membawa tikar agar kita dapat duduk-duduk santai bahkan tiduran. Bawa pula makanan dan minuman dari rumah karena tidak ada pedangan kaki lima yang berjualan di taman tersebut. Selamat berlibur!



Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs jadimandiri.org

Comments

Popular posts from this blog

Keadaan Lingkungan Saat Ini

Potensi Gas Alam

Kas dan Setara Kas