Pabrik Genteng Puluhan Tahun Gunakan Gas Bumi Walaupun Katanya Harga Gas Mahal


PT Genteng Teracotta Industri sudah puluhan tahun menggunakan gas bumi, walaupun dikatakan bahwa harga gas mahal. PT Genteng Teracotta mengandalkan gas bumi PGN sebagai bahan bakar utama dalam produksi genteng keramik. Saat di tanya mengapa? Direktur Keuangan PT Genteng Teracotta Industri, Ana Merliana mengatakan bahwa penggunaan gas bumi memberikan manfaat yang besar bagi pabriknya, karena selain membuat hasil genteng bersih, panas yang merata, gas bumi dari PGN juga mengalir terus selama 24 jam ke pabriknya.

"Apalagi pakai gas bumi memberikan penghematan besar pada kami, kalau pakai kayu bakar atau minyak biayanya tinggi sekali, apalagi cari kayu bakar tiap hari dalam jumlah banyak juga tidak mudah," tambahnya.

Anna juga mengatakan, walau saat ini persaingan bisnis genteng sangat ketat dengan munculnya genteng metal, pasar genteng keramik masih cukup luas. Genteng Keramik memiliki keunggulan seperti tahan puluhan tahun dan tahan segala kondisi cuaca."Saat ini, genteng produksi kami sudah menyebar di berbagai daerah, bahkan sekarang sudah sampai ke Malaysia dan Singapura," ucapnya. "Penggunaan gas terbukti lebih efisien dan aman. Apalagi sudah 3 tahun ini harga gas PGN nggak naik," katanya.

Pabrik genteng yang berlokasi di Majalengka, Jawa Barat ini, dalam sebulan ini mendapatkan pasokan gas sebanyak 204.000 meter kubik dari PGN dan memproduksi hingga 550.000 lembar genteng keramik sebulannya. Gas bumi PGN dimanfaatkan sebagai bahan bakar tungku atau oven untuk mengeringkan genteng yang berbahan dasar tanah.

Kepala Pemasaran Area PGN Cirebon Ade Sutisna menambahkan, Genteng Teracotta Industri merupakan salah satu pelanggan PGN yang menikmati manfaat besar dari penggunaan gas bumi."Kami terus berkomitmen memperluas jaringan gas bumi di wilayah Cirebon dan sekitarnya. Tak lama lagi gas bumi PGN akan mengalir ke berbagai industri di kawasan Kanci-Brebes," ungkap Ade Sutisna.Hingga saat ini panjang pipa gas PGN di Cirebon sekitar 402 km yang memasok gas ke 19.301 pelanggan, mulai dari rumah tangga, usaha kecil menengah hingga industri besar.

PT Genteng Teracotta Industri adalah contoh nyata dari industri besar yang menjadi pelanggan PGN selama puluhan tahun. Kualitas dari gas PGN yang dapat terbakar sempurna membuat PT Teracotta terus memakai gas bumi PGN. Hingga saat ini usahanya telah berkembang luas hingga ke negeri seberang. Kualitas produk yang terjaga dan layanan prima dari PGN membuktikan bahwa pernyataan mengenai harga gas yang mahal tidaklah benar. Apa yang dibayarkan oleh pelanggan adalah setimpal dengan apa yang mereka dapatkan.




Link referensi:



Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs Si-Nergi 

Comments

Popular posts from this blog

Keadaan Lingkungan Saat Ini

Potensi Gas Alam

Kepedulian BUMN untuk Warga Bengkulu