12 Ribu Sambungan Gas Bumi Gratis Untuk Masyarakat Lampung

Pada hari Sabtu malam tepatnya tanggal 1 Oktober 2016, berlangsung Sosialisasi tentang “Paparan Publik Informasi Berlangganan Gas Pelanggan Jargas ESDM 2017, Energi Baik GasBumi, Wujud PGN Sayang Ibu” diadakan oleh tim PGN yang bertempatan di kantor Kelurahan Sukamenanti Baru, Kecamatan Kedaton, Bandar Lampung.

Warga sangat antusias menghadiri acara sosialisasi oleh tim PGN walau dengan guyuran hujan karena ini merupakan momen baru bagi masyarakat Kota Bandar Lampung yang akan menikmati gas bumi dari Perusahaan Gas Negara untuk pertama kalinya. Karena pada tahun 2015 gas bumi PGN masuk ke daerah Lampung, namun hanya untuk sektor industri dan perhotelan. Kemudian baru pada Oktober 2016 lalu gas bumi akhirnya dapat mengalir ke sektor rumah tangga. PGN telah memasang 12 ribu jaringan gas bumi ke rumah-rumah warga, istimewanya adalah kali ini PGN bekerjasama dengan pemerintah Lampung menggratiskan biaya pemasangan jaringan gas bumi tersebut sebagai bentuk pelayanannya pada masyarakat.

Sosialisasi dimulai dengan pemutaran video mengenai perbedaan memakai gas elpiji dan gas bumi. Dijelaskan tidak perlu membeli gas ke luar rumah saat gas habis. Selain itu, gas bumi lebih hemat karena harganya 50 persen lebih murah dari gas elpiji. Ditambah lagi, gas bumi praktis dan ramah lingkungan.

“Gas bumi dan gas elpiji, sama-sama gas. Perbedaannya gas bumi sifatnya bergerak ke atas, sebab beratnya lebih kecil dari udara. Sehingga saat terjadi kebocoran, gas akan keluar bersama udara. Sehingga lebih aman dan risiko kebakarannya sangat minim. Gas bumi mengalir langsung dari pusatnya ke rumah warga, jadi tidak perlu takut akan kehabisan. Warga juga tidak perlu tempat penyimpanan gas. Sistemnya sama dengan air pam. Warga tidak perlu cari, selama instalasi terpasang, warga bisa terus dapatkan dan pakai gas bumi. Sama seperti air, warga juga bisa pakai dulu, baru bayar,” Jelas Findra Agustiaon salah seorang tim PGN.

Pada kesempatan kali itu tim dari PGN juga menjelskan menegenai keuntungan ekonomis penggunaan gas bumi. Perbandingannya, jika warga memakai gas elpiji 3 kg 4 tabung habis Rp 80 ribu, maka gas bumi dengan pemakaian sama hanya bayar Rp 33.400. Begitu juga jika warga memakai gas elpiji ukuran 12 kg, jika harus bayar Rp 120 ribu, maka dengan gas bumi cukup bayar Rp 57.600. "Jadi 1 meter kubik gas bumi itu sama dengan 1 kg gas elpiji. Untuk harga gas bumi ditetapkan oleh pemerintah. Terakhir, info manfaat yang didapat warga, harganya 50 persen lebih murah dibanding elpiji," ujar Findra.

Selain hemat secara ekonomis gas bumi juga lebih ramah lingkungan. Akhir-akhir ini banyak digembor-gemborkan mengenai kampanye cinta lingkungan, dan alangkah baiknya bila kita dapat turut berpartisipasi dalam menjaga lingkungan ini mulai dari kegiatan-kegiatan kecil. Pasalnya, saat kita memasak dirumah kita melakukan proses pembakaran. Dan dari proses tersebut ditimbulkan emisi karbon, disinilah kelebihan gas bumi yang memiliki emisi karbon lebih rendah dari gas elpiji maupun minyak tanah.

Pihak PGN juga menjelaskan bahwa pemasangan 12 ribu sambungan gas bumi diberikan secara gratis kepada masyarakat menengah ke bawah. Program pemasangan instalasi gratis ini merupakan program Pemerintah Kota Bandar Lampung.

Mengenai keamanan pemakaian gas bumi, PGN kembali memutar video. Dalam video dijelaskan, jika warga mencium bau gas, atau meteran berputar sendiri padahal gas tidak dipakai, warga cukup melakukan penutupan keran pipa saluran gas bumi di bagian luar dan dalam, buka jendela, jangan nyalakan api, turunkan listrik, dan hubungai pihak PGN. Jika terjadi kebocoran, warga tidak perlu panik. Karena tidak akan meledak, pipa hanya akan menyemburkan api. Jadi bisa gunakan lap basah untuk menutup atau menggunakan alat pemadam api.

Pasokan gas bumi di Indonesia sangat besar, sehingga tidak akan habis dalam waktu yang singkat. Ditambah lagi baru-baru ini ditemukan cadangan gas bumi terbesar di dunia di Natuna. Cadangan itu bisa untuk kebutuhan puluhan tahun kedepan.

PGN terus berusaha melayani masyarakat dengan memperluas jaringannya dan membagikan manfaat dari energi baik gas bumi PGN. PGN bukan perusahaan yang semata-mata berusaha menarik pelanggan sebanya-banyaknya demi keuntungan. Sebagai BUMN PGN bertugas melayani masyarakat, dan menghapuskan biaya instalasi untuk masyarakat kurang mampu di daerah Lampung adalah bentuk pelayanan PGN. Dengan begitu masyarakat Lampung jadi bisa berhemat dengan menggunakan gas bumi. Selain itu gas bumi juga lebih aman, praktis dan ramah lingkungan.



Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs Si-Nergi.

Comments

Popular posts from this blog

Keadaan Lingkungan Saat Ini

Potensi Gas Alam

Kepedulian BUMN untuk Warga Bengkulu