Tanah Papua Menikmati Manfaat Baik Gas Bumi


PT. Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) terus memperluas distribusi jaringan gas buminya ke seluruh pelosok nusantara. Salah satu daerah yang menjadi target PGN kali ini adalah Sorong, Papua Barat. Pelanggan rumah tangga PGN di Sorong, Papua kini telah mencapai 762 pelanggan. Untuk memasok kebutuhan 762 pelanggan tersebut, PGN menyediakan gas bumi sebanyak 20 ribu sampai 30 ribu meter kubik untuk setiap bulannya.

Alif Pramudya Riza, Sales Area Head PGN Area Sorong menyatakan PGN berencana menambah 3.898 sambungan gas rumah tangga dalam dua tahun. Perusahaan sedang mengkaji bagaiman untuk mewujudkannya. Rencana sudah ada tapi masih menunggu kajian PGN pusat.

Hotel dan restoran disana pun semakin berkembang pariwisatanya sehingga hotel dan restoran pun berharap mendapat pasokan gas bumi dari PGN. "Ada permintaan, itukan dari titik saat ini ke hotel dan restoran untuk komersial jaraknya 25 Km. Kami butuh investasi besar untuk  ini masih menunggu kajian dari pusat‎," ujar Alif. Tetapi, sekarang ini permintaan tersebut belum bisa dipenuhi karena harus dilakukan penyambungan pipa sepanjang 25 kilometer (KM) lebih dahulu.

‎Alif menyatakan, gas bumi PGN disukai di Sorong. Sebab dengan menggunakan gas bumi ada kepastian pasokan, sehingga tidak perlu kesulitan mencari bahan ‎bakar, yang terkadang yang bahkan perlu mengantre untuk mendapatkannya. Selain tidak perlu antre, gas bumi PGN juga tidak memakan tempat seperti tabung gas LPG.

Harga gas bumi juga lebih murah dari ‎Liquified Natural Gas (LPG). Untuk satu tabung LPG ukuran 12 kilo gram (kg) masyarakat mengeluarkan Rp 300 ribu per tabung, sedangkan untuk gas bumi hanya perlu mengeluarkan Rp 6.500 per meter kubiknya. Saat membeli pun, harus mengantre dan juga mahal untuk ukuran 12 kg, harganya Rp 300 ribu.


Infrastruktur yang dibangun di Sorong, Papua ini merupakan proyek pemerintah melalui kementrian ESDM yang kemudian diserahkan ke pihak PGN untuk dieksekusi dan diwujudkan sesuai rencana yang telah dibuat dengan harapan energi baik dari gas bumi PGN yang aman, hemat dan ramah lingkungan ini dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat Indonesia dimana pun mereka tinggal.



Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs Si-Nergi

Comments

Popular posts from this blog

Keadaan Lingkungan Saat Ini

Potensi Gas Alam

Kas dan Setara Kas