Distribusi Gas Bumi PGN di Surabaya dan Gresik

PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) terus memperluas infrastruktur jaringan gas buminya. PGN ingin menyebarkan energi baik ke seluruh wilayah di Indonesia. Daerah yang mendapatkan energi bakik itu, kali ini adalah Surabaya dan Gresik. Misbachur Munir selaku Sales Area Head PGN Area Surabaya-Gresik mengemukakan penambahan jumlah pelanggan PGN tersebut dilaksanakan lewat 2 program yakni program Sayang Ibu dan Jargas.

Program Sayang Ibu‎ merupakan program dari PGN. Dari program Sayang Ibu, target PGN untuk penambahan jumlah pelanggan yakni sebanyak ‎4.500 pelanggan rumah tangga. Program Sayang Ibu telah ada dari Maret 2014 lalu di Perumnas Klender, Jakarta Timur. Melalui program ini, PGN ingin menyebarkan energi baik yang dimiliki oleh perusahaan tersebut kepada seluruh warga negara di Indonesia. Anggaran program Sayang Ibu sendiri bersumber dari PGN.

Selain program Sayang Ibu, PGN memiliki program penambahan jumlah pelanggan lainnya yakni program Jargas. Jargas merupakan program dari pemerintah yang dipercayakan kepada PGN. Dari program Jargas PGN menargetkan penambahan jumlah pelanggan sebanyak 24.000 pelanggan rumah tangga. Untuk anggarannya sendiri, anggaran program Jargas ini sumbernya dari pemerintah.

Selain mendapat dukungan dari pemerintah pusat, PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) juga mendapatkan dukungan dari pemerintah kota (pemkot) Surabaya dalam program Jargas. Pemkot Surabaya ini agar seluruh masyarakat Surabaya yang berada disepanjang jalur pipa PGN mendapatkan pasokan gas bumi dari PGN.

Lalu muncul pertanyaan.. Untuk apa kita memakai gas bumi PGN sedangkan banyak sumber bahan bakar lain? Apa kelebihan PGN di banding bahan bakar lain terutama LPG?

Banyak dari kita yang masih menggunakan Liquefied Petroleum Gas (LPG) sebagai bahan bakar untuk memasak. Berikut adalah keunggulan yang dimiliki PGN dibanding bahan bakar lain:

1. Pengeluaran yang harus dikeluarkan jika menggunakan gas PGN juga lebih sedikit dibandingkan pengeluaran yang dikeluarkan untuk LPG.  Pengeluaran rumah tangga saat pemakaian gas bumi PGN hemat hingga 50 persen.

2. Lebih praktis dan mudah karena tidak perlu repot-repot mengangkut tabung gas LPG yang berat.

3. Tidak perlu pusing akan ketersediaanyan, karena gas bumi pgn selalu ada, tersedia dalam 24 jam dan dapat digunakan kapan saja. Tidak seperti LPG, kita harus mencari di supliernya dan akan kerepotan apabila stoknya sedang langka.

4. Keamanannya gas bumi PGN lebih baik jika dibandingkan dengan menggunakan LPG.‎ Penggunaan gas bumi lebih amn karena di kota tekanan di jaringan pipanya tidak terlalu besar.

5. Gas bumi PGN ramah lingkungan sehingga apabila kita menggunakan PGN sama dengan kita turut berpartisipasi dalam menjaga lingkungan kita.



Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs Si-Nergi. 

Comments

Popular posts from this blog

Keadaan Lingkungan Saat Ini

Potensi Gas Alam

Kepedulian BUMN untuk Warga Bengkulu