PGN Meresmikan Jaringan Gas Bumi di Tangerang

PT. Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk. (PT. PGN) terus mengembangkan jaringan pipa gas bumi di wilayah Tangerang, Banten. Langkah tersebut dilakukan untuk memenuhi permintaan penyambungan konsumen baru. PGN ingin semua wilayah di Tangerang mendapat akses gas bumi. Alasannya, pengembangan jaringan tersebut memang sesuai dengan permintaan yang ada. 

Pada tahun 2014 telah PGN meresmikan proyek pembangunan jaringan distribusi gas bumi untuk rumah tangga di area Tangerang, Banten. Melalui pembangunan fasilitas jaringan distribusi gas ini akan lebih banyak masyarakat yang menikmati manfaat gas bumi sebagai energi baik yang ramah lingkungan, aman, dan terjangkau.

Tahun ini PGN kembali membangun dan meningkatkan pelayanan serta pengembangan jaringan pipa distribusi gas bumi di Tangerang. PGN berkomitmen untuk terus mengembangkan jaringan gas ke perumahan lainnya agar lebih banyak masyarakat yang menikmati energi baik PGN. Selain untuk rumah tangga, industri dan komersial, PGN juga membangun infrastruktur gas untuk transportasi. 

Peresmian proyek pipa gas rumah tangga ini dilaksanakan di Perumnas II Karawaci, Kelurahan Kelapa Dua, Karawaci, Tangerang yanng di hadiri Direktur SDM dan Umum PGN Hendi Kusnadi, General Manajer SBU I Suko Hartono, Pemerintah Kabupaten Tangerang, DPRD Kabupaten Tangerang dan warga. Acara peresmian ini ditandai dengan pembukaan kran aliran gas dan pemantikan api di kompor salah satu warga yang sudah siap menikmati aliran gas bumi.

Pembangunan pipa distribusi gas rumah tangga di Tangerang ini merupakan bagian dari Gerakan PGN Sayang Ibu. Melalui gerakan ini PGN menargetkan pembangunan jaringan pipa rumah tangga hingga satu juta satuan sambungan. PGN berkomitmen untuk terus mengembangkan jaringan gas ke perumahan lainnya agar lebih banyak masyarakat yang menikmati energi baik PGN. 

PGN Area Tangerang memiliki dan mengoperasikan pipa sepanjang 75,8 kilometer yang ditujukan untuk melayani pelanggan rumah tangga dan komersial. Peningkatan pelayanan dan pengembangan jaringan distribusi gas ini merupakan bagian dari upaya PGN untuk mendukung program transformasi energi dari Bahan Bakar Minyak ke Gas Bumi.

Tahun ini, PGN menganggarkan dana untuk pembangunan jaringan pipa gas baru di berbagai wilayah Indonesia. Melalui pembangunan jaringan baru ini diharapkan akan lebih banyak rumah tangga yang menikmati gas bumi yang lebih ramah lingkungan, efisien, dan aman. Selain untuk rumah tangga, industri dan komersial, PGN juga membangun infrastruktur gas untuk transportasi. 

PGN akan terus menjalankan fungsi dan tugasnya dalam membangun dan mengembangkan infrastruktur gas bumi di Indonesia. Melalui sinergi di antara stakeholder, baik regulator, pelaku usaha maupun masyarakat, kami optimis transformasi energi ke gas bumi akan dapat terwujud. Ketua DPRD Tangerang, Amran Arifin menyambut baik komitmen PGN untuk terus mengembangkan jaringan pipa gas bumi, khususnya di wilayah Tangerang yang belum teraliri gas bumi PGN.

Gas bumi bisa jadi solusi bagi warga yang selama ini pakai gas elpiji tabung yang harganya mahal. Di kawasan Tangerang, beberapa perumahan sudah mendapatkan aliran gas dari PGN. Saat ini, di kawasan Tangerang sudah ada sekitar 5.520 rumah tangga dan komersial yang menikmati gas bumi dari PGN, dan direncanakan terus bertambah. Selain rumah tangga, PGN juga melayani pelanggan usaha kecil seperti rumah makan dan restoran dalam penyediaan gas bumi. 

Pemakaian Gas bumi adalah pilihan yang tepat. Sebagai energi masa kini, gas bumi lebih ramah lingkungan, efisien, dan aman. Selain itu, gas bumi juga dapat menjadi solusi bagi masyarakat yang kurang dalam segi ekonomi. Karena dengan memakai gas bumi masyarakat bisa lebih berhemat. Maka dari itu, komitmen PGN untuk terus mengembangkan jaringan pipa gas bumi, harus kita dukung sepenuhnya.



Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs Si-Nergi.

Comments

Popular posts from this blog

Keadaan Lingkungan Saat Ini

Potensi Gas Alam

Kepedulian BUMN untuk Warga Bengkulu