Sorong Papua Menerima Gas Bumi PGN

PT. Perusahaan Gas NegaraTbk (PGN) terus memperluas pendistribusian gas bumi ke berbagai daerah di Indonesia, salah satunya adalah di daerah Sorong, Papua. Ada 3.898 rumah warga Sorong, Papua yang sekarang dapat memasak menggunakan gas bumi dari PGN. 3.989 rumah tersebut tersebar di lima kelurahan. Lima kelurahan tersebut adalah Kelurahan Malawili, Malawele, Mariat Pantai, Klabinain, dan Aimas

Wahyudi Anas selaku kata Business Unit Head Gas Products PGN mengemukakan bahwa mulai hari ini PGN mendistribusikan gas bumi rumah tangga bagi masyarakat di Sorong. Dengan bertahap sebanyak 3.898 rumah akan mendapatkan pasokan gas bumi dari PGN pada Senin, 29 Februari 2016.


Wahyudi mengatakan, pendistribusian gas rumah tangga di Sorong ini merupakan penugasan dari pemerintah. Infrastrukturnya dibangun oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), kemudian PGN mendapatkan kepercayaan untuk mengelola dan mengeksekusi tugas tersebut untuk mendistribusikan gas bumi ke rumah-rumah warga.

Agar mendukung penyaluran gas tersebut, PGN mendapatkan pasokan dari PT Petrogas (Basin) Ltd dengan total volume sebanyak 0,2 juta kaki kubik per hari (MMscfd). Kebutuhan konsumsi gas bumi rumah tangga di Sorong diperkirakan sekitar 10-15 meter kubik untuk setiap bulannya.

Jadi masyarakat hanya perlu membayar Rp 40.000 setiap bulannya, sangat murah ya bila dibandingkan dengan bahan bakar lain. Selain memberikan penghematan. Gas bumi PGN juga aman bagi pemakai, ramah lingkungan dan bersih. Lebih dari itu gas bumi PGN selalu ada, tersedia selama 24 jam sehingga tidak perlu kebingungan kehabisan dan siap dipakai kapanpun diperlukan. Sangat praktis ya..

Selain di Sorong, Papua, PGN juga mendapatkan kepercayaan dari pemerintah untuk pengelola dan mengoperasikan jaringan gas rumah tangga di 10 daerah lainnya dengan total 43.337 rumah. Daerah yang dipasok gas bumi dari PGN antara lain:

~ Rumah susun di Jabodetabek dengan total 5.234 unit
~ Kabupaten Bogor dengan total 4.000 rumah tangga
~ Kota Depok dengan total 4.000 rumah tangga
~ Kota Cirebon dengan total 4.000 rumah tangga
~ Kota Bekasi dengan total 4.628 rumah tangga
~ Kota Semarang dengan total 4.000 rumah tangga
~ Kota Surabaya dengan total 2.900 rumah tangga
~ Kapubaten Blora dengan total 4.000 rumah tangga
~ Kota Palembang dengan total 3.311 rumah tangga
~ Kota Tarakan dengan total 3.366 rumah tangga

Sampai saat ini PT. Perusahaan Gas NegaraTbk (PGN) telah membangun dan mengoperasikan pipa gas bumi lebih dari 6.970 km. Jumlah ini setara dengan 76 persen dari total seluruh jaringan pipa gas bumi hilir yang berada di Indonesia.



Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs Si-Nergi

Comments

Popular posts from this blog

Keadaan Lingkungan Saat Ini

Potensi Gas Alam

Kepedulian BUMN untuk Warga Bengkulu