Tangerang Telah Menikmati Energi Baik Gas Bumi PGN

Tangerang merupakan daerah yang beruntung karena mendapat pasokan gas bumi dari PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN). Tangerang telah mendapat energi baik berupa pasokan gas bumi PGN sejak 2 tahun lalu yakni tahun 2014. Peresmian proyek jarigan gas bumi rumah tangga ini diadakan di Perumnas II Karawaci, Kelurahan Kelapa Dua, Karawaci, Tangerang.


Acara ini dihadiri oleh Direktur SDM dan Umum PGN, Hendi Kusnadi, General Manajer SBU I, Suko Hartono, Pemerintah Kabupaten Tangerang, DPRD Kabupaten Tangerang dan masyarakat setempat. Peresmian acara ini ditandai dengan pembukaan kran (valve) aliran gas dan pemantikan api di kompor salah satu warga yang telah siap menikmati aliran gas bumi.

PGN Area Tangerang mempunyai dan mengoperasikan jaringan gas bumi sepanjang 75,8 kilometer yang memiliki tujuan untuk melayani pelanggan rumah tangga dan komersial. Amran Arifin selaku Ketua DPRD Tangerang, menyambut baik komitmen PGN untuk terus mengembangkan jaringan pipa gas bumi, khususnya di wilayah Tangerang yang belum teraliri gas bumi PGN.

Di kawasan Tangerang, beberapa perumahan sudah mendapatkan aliran gas bumi dari PGN, antara lain: Perumnas Karawaci, Perumahan Cimone, Perumahan Harapan Kita, Perumahan Palem Semi dan beberapa perumahan lainnya. Saat ini, di kawasan Tangerang sudah ada sekitar 5.520 rumah tangga dan komersial yang menikmati gas bumi dari PGN, dan akan terus bertambah seiring berjalannya waktu. Selain rumah tangga, PGN juga melayani pelanggan usaha kecil seperti rumah makan dan restoran dalam penyediaan gas bumi.

Melalui pengunaan gas bumi PGN, masyarakat hanya perlu mengeluarkan biaya berlangganan sebesar Rp 40.000.  Apabila menggunakan gas LPG harus menggeluarkan lebih dari Rp 100.000 untuk satu tabung gas yang berukuran 12 kilogram. Penghematan yang didapatkan lebih dari 50%. Pengunaan gas bumi ini dapat menjadi solusi bagi warga yang selama ini mengocek kantong cukup dalam untuk membeli tabung gas LPG.


Tangerang menjadi satu dari tiga kota pilot project pengembangan jaringan gas bumi dari PT. Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN). Rumah susun sederhana sewa (Rusunawa) di Jalan Bahari, Kelurahan Manis Jaya, Kecamatan Jatiuwung menjadi pilot project pengembangan infrastruktur gas bumi dari Perusahaan Gas Negara (PGN). Rusun Manis Jaya yang terdiri dari 7 tower dan 350 kamar, sebanyak 336 kamar sudah terpasang jaringan gas bumi PGN. H Arief R Wismansyah sebagai Walikota Tangerang yang menghadiri acara tersebut berharap agar jaringan gas bumi PGN tersebut dapat menyebar di daerah permukiman lain di Kota Tangerang di masa mendatang.



Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs Si-Nergi.

Comments

Popular posts from this blog

Keadaan Lingkungan Saat Ini

Potensi Gas Alam

Kas dan Setara Kas