Inilah Kunci dari Amannya Gas Bumi PGN

Banyak dari kita yang belum menggunakan gas bumi PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) dan masih menggunakan gas LPG sebagai bahan bakar untuk memasak dalam keperluan sehari-hari rumah tangga. Mengapa demikian? Padahal banyak sekali keuntungan yang didapat dari menggunakan gas bumi PGN. Mungkin salah satunya adalah rasa khawatir akan kebocoran gas yang ditakutkan banyak orang. Padahal bila dibandingkan dengan kebocoran tabung gas LPG, gas bumi PGN jauh lebih aman.


Yuni Resdiyanti, pelanggan gas bumi untuk rumah tangga dari PGN mengaku sempat khawatir. Yuni menuturkan: “Gas bumi yang mengalir di rumah kami diteruskan lewat jalur-jalur pipa. Nah yang sempat jadi kekhawatiran kami, pipa gas ini melewati kamar untuk sampai ke kompor di dapur. Bagaimana kalau sampai bocor?”


Mungkin beberapa dari kita berpikir sama seperti Bu Yuni. Bu Yuni telah memakai gas bumi PGN untuk rumah tangganya dari tahun 2014 dan ketakutan yang ditakutkan Bu Yuni tak pernah terjadi sampai hari ini. Tak pernah ada kejadian gas bumi bocor. Risiko memang masih ada, tetapi PGN punya satu tim khusus bertugas mencegahnya, yaitu tim leak survey.

Biasanya satu bulan sekali, ada petugas yang memeriksa risiko kebocoran. Lalu, kalau pun ada gangguan di pusat yang mengharuskan gas pada hari tertentu tidak bisa dipakai, biasanya akan diberitahu terlebih dahulu. Pelanggan juga diberikan nomor kontak PGN yang dapat dihubungi sewaktu-waktu dan aktif selama 24 jam apabila ada pertanyaan mengenai penggunaan gas bumi ini. Selain itu, ada sosialisasi soal keamanan sebelum ia dan tetangga sekompleks rumahannya berlangganan gas bumi dari PGN.

Masih binggung atau tidak yakin bahwa gas bumi PGN aman?

PGN memiliki PGas Solution. PGas Solution adalah anak perusahaan PGN yang bertugas mengantisipasi segala risiko yang berhubungan dengan jaringan distribusi gas bumi. Petugas PGas Solution juga bertanggung jawab memantau Metering and Regulating Station (MR/S).

Mochamad Maruly Syarief selaku Site Manager Jaringan dan Fasilitas Area Cirebon PGas Solution, mengungkapkan khusus untuk pelanggan rumah tangga, tak perlu khawatir akan ada ledakan kalaupun sampai terjadi kebocoran gas bumi dari jaringan PGN. Selain berat jenis yang lebih tinggi daripada udara sekitar, gas dengan tekanan rendah itu juga maksimal hanya akan memunculkan nyala api bila terpantik.

Walaupun begitu, untuk jaga-jaga, lebih baik lokasi pemakaian gas memiliki ventilasi dekat permukaan tanah. Misalnya, ada jarak antara pintu dan lantai. Selain itu, jika ada kondisi mencurigakan dari selang atau jaringan gas, pelanggan diminta segera melapor ke pihak PGN lewat layanan 24 jam yang tersedia. 

Ledakan terkait gas bumi, hanya mungkin terjadi ketika zat tersebut terperangkap di ruang sempit yang tertutup dan pada posisi tekanan tinggi. Dalam kondisi normal, jaringan pipa distribusi dioperasikan pada tekanan yang sesuai dengan tekanan yang dibutuhkan (pelanggan). Dari MR/S, tekanan akan dijaga agar konstan.

Penyebab dari gas bocor bisa bermacam-macam. Risiko kebocoran juga bisa terjadi pada jaringan pipa gas, terlebih di area yang dekat dengan beragam aktivitas masyarakat. Salah satu pemantauan yang dilakukan tim leak survey adalah memastikan tidak ada kegiatan masyarakat yang bisa mengganggu atau merusak jaringan pipa ini. Dalam pemakaian rumah tangga, yang paling mungkin adalah pada selang. Yang pertama kali harus dilakukan apabila terjadi kebocoran adalah tutup keran gas yang terpasang di setiap rumah pelanggan.




Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs Si-Nergi

Comments

Popular posts from this blog

Keadaan Lingkungan Saat Ini

Potensi Gas Alam

Kas dan Setara Kas